Rico Rusmana Putra

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

Apabila kita berbicara mengenai teknologi wireless maka yang terlintas adalah teknologi untuk berhubungan secara wireless. Wireless sendiri dapat diartikan sebagai nirkabel atau tidak menggunakan perantara kabel dan lainnya. Wireless device merupakan perangkat yang memiliki kemampuan berkomunikasi secara nirkabel. Contoh dari wireless device adalah PDA, telepon seluler, smart phone, dan lain sebagainya. Wireless device tersebut memiliki jaringan protocol yang disebut WAP(Wireless Application Protocol). WAP mempunyai keterbatasan dalam display dan WAP mengatur agar dapat diolah dengan baik. Namun sekarang ini WAP tidak terlalu popular karena lebih banyak digunakan HTTP.

Terdapat berbagai macam SIstem Transmisi Nirkabel, diantaranya Microwave transmission systems , Satellite transmission systems, Footprint, Broadcast transmission, Propagation delay. Wireless memiliki hubungan dengan GPS. GPS merupakan wireless system yang menggunakan satelit untuk mengetahui posisi di bumi. GPS memiliki perbedaan dengan assisted GPS. Perbedaannya adalah GPS menggunakan minimal 3 satelit sedangkan assisted GPS menggunakan provider/jaringan seluler untuk menentukan posisi. Transmisi data dapat dilakukan juga dengan Bluetooth. Bluetooth digunakan untuk menciptakan mini PAN. PAN adalah Personal Area Network yang didefinisikan sebagai jaringan computer untuk berkoneksi diantara device computer. Zigbee mungkin jarang didengar, zigbee sama seperti Bluetooth tetapi memiliki kelebihan dapat mencakup 100 perangkat namun digunakan pada teknologi khusus seperti alarm kebakaran, dan lain – lain.

Mobile computing merupakan proses komputasi yang dapat dilakukan secara berpindah-pindah. Secara lebih spesifik mobile computing dapat diartikan sebagai koneksi wireless antara perangkat satu dengan yang lain. Mobile computing memiliki 2 karakteristik yaitu mobility yang berarti dapat dilakukan berpindah – pindah dan broad reach yang berarti instan. Mobile computing dapat dikaitkan dengan e-commerce yaitu M-commerce atau mobile commerce yang berarti proses e-commerce melalui teknologi wireless terutama melalui internet. M-commerece dapat digunakan dalam berbagai macam bidang seperi Financial services, Mobile Banking, Wireless Electronic Payment system, Micropayment, Mobile(wireless) Wallets, Wireless Bill Payment, dan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php