Rico Rusmana Putra

Ethics Impact And Security

Posted: November 20th 2012

Pada dasarnya implementasi merupakan hal yang penting karena implementasi berisi tentang etika, timbal balik, dan security atau keamanan. Etika IT adalah hal yang sudah jarang dikenali oleh masyarakat pengguna teknologi informasi. Etika sendiri memilki definisi dasar pemikiran mengenai hal yang benar dan salah. Etika erat kaitannya dengan kode etik. Kode etik adalah prinsip yang mengatur seseorang dalam beretiket. Jika dikaitkan dengan IT maka ada beberapa macam etika di dalamnya yaitu privacy, accuracy, property, dan accessibility. Etika mengenai privacy berkaitan dengan apakah sebuah data boleh untuk disimpan atau dibagikan. Accuracy mengenai apakah benar informasi yang disebar berasal dari sumber yang benar. Property mengenai pemberian kompensasi yang benar. Accessibility mengenai ijin untuk mengakses apabila benar – benar diperbolehkan. Untuk privacy terdapat istilah Electronic Surveillance yaitu menjamin informasi yang diberikan dapat terjaga. Dalam property juga terdapat istilah patent, dan copyright. Patent merupakan sebuah penemuan sedangkan copyright merupakan sebuah kepemilikan, copyright juga memiliki sebuah lisensi.

Selain mengenai etika, timbal balik merupakan bagian dari implementasi IT. Timbal balik merupakan suatu keadaan yang melibatkan lebih dari satu orang atau benda. Dalam kaitannya dengan IT, hubungan timbal balik IT contohnya adalah IT dan organisasi, IT dan pekerjaan, IT dan Individu, IT dan social, dan lainnya. Hubungan antara IT dan organisasi sangat banyak. IT mempunyai potensi yang sangat besar atau signifikan untuk merubah suatu organisasi yaitu dalam hal struktur, efisiensi, dan lain sebagainya. Sedangkan IT dan pekerjaan tentu ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh IT seperti travel agents dan lainnya tetapi timbal balik IT dan pekerjaan dapat dalam banyak hal yaitu IT membantu untuk bekerja namun timbal baliknya bisa saja pengalaman menjadi kurang diperhatikan lagi. Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan IT seperti Programmer, Software Engineer, Computer Technician, web developer, dan lainnya. Untuk IT dan Individu timbal baliknya adalah menambah pengetahuan dengan IT tetapi mengurangi hubungan dengan social. IT dan Sosial atau masyarakat contoh timbal baliknya adalah IT menciptakan hubungan social yang menarik melalui internet dan lainnya, juga fleksible untuk digunakan.

Selain Etich dan Impact, security atau keamanan diperlukan karena system informasi dapat terkena serangan atau kesalahan. Kesalahan tersebut terbagi menjadi intentional dan unintentional. Unintentionaly contohnya kesalahan dalam penggunaan system, kesalahan produk, dan lainnya. Intentional contohnya kerusakan akibat tindakan criminal. Kejahatan criminal dapat terjadi melalui computer, maka dari itu diperlukan perlindungan sehingga tidak terjadi kesalahan fatal. Perlindungan IT tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti  mengontrol access yang terjadi, melindungi data dari akses yang tidak diperkenankan, dan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php