Rico Rusmana Putra

e-commerce

Posted: November 6th 2012

E(LECTRONIC)-COMMERCE

                E-Commerce adalah proses perdagangan melalui jaringan elektronik(computer) terutama melalui internet. Proses perdagangan tersebut mencakup pembelian, penjualan, pertukaran produk/jasa/informasi. Jika dilihat dari definisinya, e-commerce bisa dikatakan sebagai e-business, tetapi e-business memilki jangkauan yang lebih luas dari e-commerce karena e-business mencakup pelayanan pelanggan, berhubungan dengan mitra kerja bisnis, melakukan transaksi, dan lain sebagainya. Ada banyak macam e-commerce diantaranya business to business (B2B), Collaborative commerce (c-commerce), Business-to-consumer EC (B2C), Consumer-to-businesses (C2B), Consumer-to-consumer (C2C), Intrabusiness (intraorganizational) commerce, Government-to-citizens (G2C) and others, Mobile commerce (m-commerce).

Jika membicarakan tentang perdagangan secara elektronik tentu berkaitan dengan e-marketplace yaitu pasar secara virtual yang menguntungkan pembeli,penjual,perantara,dan masyarakat. Jika di dalam e-market penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi maka dalam Inter-organizational Information Systems (IOS) transaksi dilakukan secara rutin antara dua atau lebih organisasi.  Contoh e-commerce antara lain bhinneka,amazon, ebay,dll. Contoh e-market antara lain tokobagus.com,berniaga.com dll.

Dalam sebuah e-commerce terdapat bentuk pembayaran setelah terjadi kesepakatan diantaranya melalui elektronik check, electronic credit card, electronic cash in PC, smart card, person to person, dan lainnya. Untuk melakukan pembayaran juga diperlukan keamanan maka dari itu terdapat enkripsi yaitu proses pembuatan pesan hanya untuk orang yang berwenang. Pengamanan yang lain seperti sertifikat elektronik, Secure Socket Layer (SSL), dan Secure Electronic Transaction Protocol (SET).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php