Rico Rusmana Putra

Telecommunication and Network

Posted: October 8th 2012

Sebuah komunikasi adalah penyampaian informasi yang melibatkan dua atau lebih pengguna. Dari pernyataan tersebut, komunikasi computer adalah hubungan yang melibatkan dua atau lebih computer atau piranti lainnya untuk mentransfer data, instruksi, dan informasi. System telekomunikasi berarti hardware dan software yang menyampaikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam penyampaian informasi tersebut digunakan sinyal analog dan sinyal digital. Sinyal analog biasanya ditunjukkan dengan gelombang yang dilihat regang dan rapat gelombang tersebut. Sedangkan sinyal digital lebih berbentuk histogram yang dibaca dengan bilangan biner. Sinyal digital lebih mudah untuk dipahami oleh computer.

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk melakukan komunikasi computer. Yang sering digunakan adalah kabel telepon atau twisted-pair wire karena murah dan mudah digunakan walaupun memilki kelemahan kecepatannya yang lambat dan kurang aman. Ada juga kabel coaxial yang lebih mahal dibandingkan kabel telepon tetapi lebih mencakup banyak data. Sedangkan kabel fiber optic dapat menyampaikan informasi secara cepat, banyak, aman tetapi mahal dan susah digunakan. Ada juga yang melalui gelombang microwave yang membutuhkan tower untuk mencapai jangkauan penyampaian data, satellite, dan gelomang radio yang masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sebuah telekomunikasi pasti ada hubungannya dengan jaringan atau network. Network digunakan untuk menghubungkan piranti. Network dibagi menjadi jarak jangkauannya, yaitu LAN(Local Area Network) dan WAN(Wide Area Network). Local Area Network(LAN) jangkauannya pendek sehingga biasanya digunakan dalam ruangan. Sedangkan WAN(Wide Area Network) jangkauannya jauh, contoh dari WAN adalah internet yang jangkauannya seluruh dunia. Ada beberapa macam topologi yang digunakan dalam menghubungkan jaringan yaitu topologi bus, ring, dan star, hierarchical, dan hybrid. Namun yang sering digunakan adalah topologi bus, star, dan ring karena hierarchical dan hybrid merupakan gabungan dari topologi bus, ring dan star. Selain itu dalam proses networking ada beberapa bentuk yaitu client/server dan peer to peer. Client/server artinya ada satu computer yang bertindak sebagai server dan yang lain menjadi client. Sedangkan peer to peer semua computer dapat bertindak sebagai server sehingga peer to peer lebih simple dari client/server.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php