Rico Rusmana Putra

Managing Data and Information

Posted: October 8th 2012

Kali ini saya akan membahas mengenai mengolah data dan informasi dalam bidang IT. Dalam pengolahan data ini kumpulan file disebut dengan database. Sedangkan file adalah kumpulan dari record, record adalah kumpulan dari field, dan field adalah kumpulan dari karakter. Dalam bilangan biner, setiap 8 bits atau 1 byte akan menghasilkan 1 karakter. Karakter dalam field dapat berupa banyak hal karena field merupakan tempat bagi pengguna untuk menginputkan jenis data. Contohnya dalam field nama, jenis data berupa text. Tipe data ada banyak yaitu text, numeric, autonumber, currency, date, memo, yes/no, hyperlink, dan object. Sedangkan record merupakan isi dari data yang telah diisikan dalam field. Contohnya adalah field berupa no, nama, dan asal, recordnya berupa 1, Rico, Jogjakarta. Sehingga seringkali field diartikan sebagai kolom dan record sebagai barisnya. Dalam sebuah record juga terdapat primary dan secondary key. Primary key adalah record yang unik sedangkan secondary key adalah record yang tidak unik tetapi dapat digunakan.

Dalam database juga bisa terjadi permasalahan. Permasalahan yang sering terjadi adalah data redundancy yaitu kesamaan data, data inkonsisten, data yang diisi salah atau tidak akurat, keamanan data sulit dijaga, susah untuk mengakses data, dan lain sebagainya. Suatu system yang digunakan untuk mengatur data-data agar dapat diolah disebut dengan DBMS(DataBaseManagementSystem). Data yang disimpan dalam satu lokasi dapat diolah dan memiliki keuntungan mengurangi permasalahan yang biasa terjadi. DBMS memiliki komponen antara lain data model, DDL(Data Definition Language), DML(Data Manipulation Language), dan data dictionary. Sehingga dapat dikatakan DBMS membantu memecahkan banyak masalah tentang data yang disimpan.

Data model digunakan sebagai konsep dasar struktur data dapat diolah. DDL digunakan untuk mengolah konten yang terdapat di dalam database. DML digunakan untuk memanipulsai konten dalam database. Data dictionary digunakan untuk menyimpan definisi elemen data. Data model terbagi menjadi tiga yaitu hierarchical, network, dan relational. Relational model biasa digunakan karena merupakan model yang paling sederhana dan mudah digunakan. Sedangkan hierarchical model merupaka model terbaik dalam hal kecepatan memproses data tetapi buruk dalam melakukan query. Sedangkan Network data memberikan kecepatan proses dan query yang cukup baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php