Rico Rusmana Putra

Computer software

Posted: October 1st 2012

Dalam sebuah system computer terdapat software dan hardware. Sering kita bahasakan dalam kehidupan sehari – hari perangkat lunak dan perangkat keras. Minggu lalu telah dijelaskan mengenai computer hardware dan sekarang akan saya bahas mengenai computer software. Computer software dibagi menjadi system software dan application software. System software digunakan untuk mengkoneksikan antara hardware dan application software. Misalkan saat kita akan mencetak menggunakan printer, system software adalah system yang memberitahukan jika ada kesalahan seperti belum tersambungnya printer dan sebagainya. Application software adalah instruksi yang diberikan kepada system software misalkan untuk mengcancel proses printing dan lain sebagainya, system software terbagi pula menjadi system control program dan system support program. System control program berfungsi untuk mengatur keseluruhan system operasi. Sedangkan system support program berfungsi secara spesifik untuk mendukung capabilities.

Software juga memiliki sebuah seleksi dan evaluasi yang berguna untuk mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik. Seleksi software terjadi karena pertimbangan masa depan, kegunaan software, kelengkapan dalam software, dan lain sebagainya. Oleh karena itu software yang sudah lolos seleksi dan dapat dipakai adalah software yang memiliki lisensi. Biasanya sebuah software yang sudah akan diedarkan memiliki tanda © atau disebut copyright yang berarti software tersebut legal untuk diproduksi, diperkenalkan, dan dijual. Software juga memiliki upgrade karena sebuah software kadang memilki masalah (bug). Software yang diupgrade akan ditunjukkan dengan versi seperti 1.5 menjadi 1.6 dan sebagainya sebagai tanda upgrade.

Untuk menjadikan sebuah program tentu dibutuhkan perintah – perintah tertentu. Dalam hal ini perintah tersebut biasa dikenal dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman berkembang dari bahasa mesin, bahasa assembly, bahasa procedural, bahasa nonprocedural, dan bahasa intelligent(bahasa yang sering digunakan saat ini). Komputer akan mengerti sebuah program dengan alur program ditulis dalam bahasa pemrograman, lalu akan diterjemahkan dan menghasilkan bahasa mesin, lalu prosessor computer akan memproses bahasa mesin tersebut dan menampilkannya dalam output.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php