Rico Rusmana Putra

computer hardware

Posted: September 18th 2012

Dalam sebuah system informasi terdapat komponen perangkat keras (hardware) yaitu CPU (Central Processing Unit), Memory (primary dan secondary storage), input device, dan output device. CPU (Central Processing Unit) dan Memory adalah komponen utama dalam sebuah motherboard. CPU yang biasa dikenal dengan Processor berguna untuk membawa instruksi yang sesuai dengan perintah untuk ditujukan ke computer. Sedangkan memory berguna untuk menyimpan data dan instruksi dalam jangka waktu tertentu.

Di dalam CPU terdapat banyak komponen yaitu Processor, Memory, Adapter cards ( Sound card, Modem card, Video card, Network card), Ports, Drive bays, Power Supply. Adapter Cards, Processor chips, dan memory chips terdapat dalam motherboard. Motherboard adalah jalur utama dalam unit system. Biasanya Motherboard disebut juga System Board.   Dalam CPU terdapat microprocessor yang berfungsi untuk melakukan eksekusi pada instruksi yang telah diproses. Komponen yang terdapat didalamnya adalah Control Unit, ALU(Arithmetic-Logic Unit), Register, Primary storage.

Pada Control Unit instruksi diakses kemudian instruksi dikode ulang(decode). Control unit mengatur gelombang data menuju system. Gelombang data yang melewati jalur disebut buses. ALU (Arithmetic Logic Unit) berfungsi untuk melakukan komputasi data dan comparisons data. Register merupakan area penyimpanan data dan instruksi ketika sedang dicode, ketika ALU melakukan komputasi, dan menyimpan data hasil kalkulasi. Memory merupakan komponen yang menyimpan data, instruksi, dan hasil. Terdiri dari satu atau lebih dalam motherboard atau circuit board yang lain. Tiap byte yang disimpan disebut dengan address. Memory terdiri dari primary storage dan secondary storage. Medium storage atau secondary storage merupakan material untuk menyimpan. Sedangkan primary storage merupakan tempat penyimpanan dalam jangka waktu tertentu. Primary storage ini menjalankan tiga hal yaitu informasi yang dikerjakan, application software yang dipakai, dan operating system software. Primary storage yang biasa disebut RAM jika semakin besar kapasitasnya akan dapat menyimpan lebih banyak data tepat saat akan dieksekusi.

Beberapa tipe Primary storage adalah register yang merupakan bagian dari CPU, sangat cepat dan sangat terbatas. Random Access Memory(RAM) yaitu memory chips dalam motherboard, penyimpanan utama instruksi dan volatile( data hilang ketika daya hilang). Cache memory yaitu memory yang lebih cepat daripada RAM dan digunakan untuk menghubungkan secondary storage dan RAM. Read Only Memory(ROM) adalah chip yang menyimpan instruksi secara permanen dan bersifat nonvolatile.

Secondary storage bersifat nonvolatile, berkapasitas besar, lebih lambat dibandingkan primary storage, dan merupakan magnetic dan optical media storage. Dalam menyajikan sebuah data computer menggunakan digit biner(bit). Digit biner merupakan digit berisi dua bilangan yaitu 0 dan 1. 1 byte=8 bit. Byte merupakan satuan dasar sebuah penyimpanan computer.  Kode ASCII merupakan kode hasil dari biangan biner 0 dan 1 yaitu kilobytes, megabytes, gigabytes, terabytes. 1 kilobytes= 1000 bytes. 1 megabytes= 1000 kilobytes. 1 gigabytes=1000megabytes. 1 terabytes = 1000 gigabytes.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php