Rico Rusmana Putra

Teknologi Informasi Dalam Organisasi Modern

Posted: September 10th 2012

PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI

Pertemuan 2

Teknologi informasi dalam organisasi modern

Jika seseorang bertanya kepada anda “Apakah anda mengetahui tentang teknologi informasi?” dan “Seberapa pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan kita?” apa yang akan anda jawab? Mungkin anda akan menjawab penting karena teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam segala hal. Ya, Kali ini saya akan menjelaskan pentingnya sebuah teknologi informasi khususnya dalam sebuah organisasi modern.

Organisasi modern saat ini dalam hal teknologi informasi tentunya memiliki sebuah sistem. Sistem yang digunakan dinamakan SistemInformasi (IS). SistemInformasi (IS) adalah sistem yang mengoleksi, memproses, menyimpan, dan menganalisis data untuk tujuan tertentu. Konsep dasar Sistem informasi (IS) adalah infrastruktur information dan architecture information. Infrastruktur information memiliki arti elemen – elemen dalam suatu organisasi yang membuat suatu informasi dapat diproses. Infrastruktur  information dalamhal komputerisasi terdiri dari computer hardware, software, network and communication fasilities, databases, dan information management.Sedangkan architecture information memiliki arti cara komputerisasi mengarahkan, menjalankan,dan mengolah informasi sehingga dapat menyalurkan data.

SistemInformasi (IS) terdiri dari beberapa tipe yaitu Transaction Processing System, Management Information System, Support System, Intelligent System, End- User Computing, Knowledge Management System, Data Warehouse, dan Mobile Computing. Transaction Processing System adalah proses transaksi yang mendukung kegiatan bisnis. Contohnya adalah POS (point of sale) system. Management Information System berfungsi sebagai pengolah data-data yang sudah ditransaksikan. Management Information System juga berfungsi menyajikan informasi dan melihat trend atau memprediksi sesuatu. Support System adalah sistem yang mendukung dan mengambil keputusan. Intelligent System adalah sistem yang memiliki kemampuan untuk mempelajari sejarah. End- User Computing adalah pengguna sistem (user) atau penerima hasil. Knowledge Management System adalah sistem yang mengukur kriteria secara kuantitas dan kualitas. Data Warehouse adalah pengoleksi semua data.Mobile Computing adalah proses melakukan komputasi yang dapat dilakukan secara berpindah-pindah. Sistem informasi disusun atau dibuat untuk mendukung sebuah struktur organisasi.

Itulah beberapa hal mengenai teknologi informasi dalam organisasi modern. Semoga berguna!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php