Posted: September 23rd 2012
Konsep Fundamental
- Infrastruktur Informasi:
- Menjelaskan intgrasi, operational, dokumentasi, pengelolaan, dan manajemen sumberdaya komputasi
- Menjelaskan bagaimana untuk sumberdaya komputasi spesifik diatur, dioperasikan, dan dikelola
- Arsitektur Informasi
- Rencana high-level yang menjelaskan tentang: Kebutuhan informasi dari organisasi dan Cara agar kebutuhan ini dapat dipenuhi
- Menggabungkan kebutuhan informasi, yang ada dan infrastruktur informasi yang terencana serta aplikasi perangkat lunak.
- Membantu memastikan agar IT suatu organisasi sesuai dengan kebutuhan strategi bisnis organisasi.
- Sistem Informasi: sebuah system yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisa data serta menyebarluaskan informasi untuk tujuan yang spesifik.
Jenis-jenis Sistem Informasi:
- Transaction Processing System
- Mendukung/melakukan/mengotomatiskan rutinitas kegiatan bisnis.
- Mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarluaskan data dasar transaksi bisnis
- Menyediakan data dasar untuk banyak system yang lain
- Mungkin rumit dan mutakhir.
- Penting untuk kesuksesan bisnis saat ini.
- Management Information System
- Mendukung rutinitas pengambilan keputusan
- Mengakses, mengkelompokkan, meringkaskan, dan menampilkan informasi.
- Menekankan laporan rutin pada masalah yang diketahui dan masalah yang diantisipasi.
- Office Automation System
- Seperti system pemroses kata, dibangun untuk membantu kantor dan juru tulis.
- Decision Support Systems: mendukung kompleks, pengambilan keputusan non-rutin
- Executive Information Systems – membantu manajerial high-level
- Group Support Systems – mempekerjakan Groupware untuk mendukung orang-orang yang bekerja dalam kelompok
- Intelligent Support System (ISSs): Termasuk system pakar yang menyediakan pengetahuan tersimpan dari pakar untuk non-pakar, dan jenis baru dari system pintar dengan kemampuan mesin pembelajaran yang dapat belajar dari masalah historis.
- End- user computing: Pennggunaan atau pembangunan sistem informasi oleh pengguna utama dari output sistem,seperti analis, manager dan para ahli yang lain.
- Knowledge Management Systems: Mendukung pembuatan, pengumpulan, pengelompokan, menyambungkan dan menyebarluaskan pengetahuan perusahaan.
- Data Warehousing: data warehouse adalah database yang dibuat untuk mendukung DSS, ESS, dan analitis yang lain serta aktifitas end-user .
- Mobile Computing: Sistem Informasi untuk mendukung pekerja yang bekerja dengan customer atau partnes bisnis diluar dari batas-batas fisik dari perusahaan mereka; dapat diselesaikan dengan sambungan kabel ataupun jaringan wireless.