iShare

Perangkat Lunak Komputer

Posted: October 8th 2012

Perkaembangan perangkat lunak mengalami krisis. Perangkat lunak tidak dapat menyaingi perkembangan perangkat keras dan ini berdampak pada terbatasnya SI. Para pengembang software tidak saja dituntut berusaha membuat inovasi baru (membuat software baru), tapi juga menjaga software yang telah ada. Bahkan 80% pekerjaan orang IT adalah menjaga software yang telah ada. Selain itu, peningkatan kompleksitas mengarah pada meningkatnya potensi bugs, padahal bugs sangatlah mahal dan menyita waktu.

Software (perangkat lunak) sendiri memiliki 2 dasar utama yaitu system software dan application software. System software mengelola sumber daya perangkat keras/hardware sedangkan software application yang melakukan tugas spesifik dari pengguna. Software appllication ada dua tipe yaitu proprietary application software yang mengarah kepada kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik dari perusahaan dan off-the-self application software yang merupakan software komersial. Lebih jauh, system software memiliki 2 cabang lagi yaitu system control programs yang mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data); sistem operasi dan system support programs yang mendukung secara khusus kemampuan program. Contoh system control program adalah OS (operating system). Contoh system support programs adalah system utilities.

Lalu bagaimana software dibuat? Software dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Secara garis besar ada tiga langkah sederhana tentang bagaimana komputer memahami sebuah program. Pertama program ditulis menggunakan bahasa program, kemudian bahasa itu ditranslate, dan terakhir program ditulis pada bahasa mesin. Bahasa mesin adalah ‘native language’ dari komputer dan merupakan satu-satunya bahasa yang dimengerti oleh komputer. Bahas mesin terdiri dari bilangan biner (0, 1).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php