iShare

Perangkat Keras Komputer

Posted: October 1st 2012

Komputer memiliki 3 komponen utama yaitu motherboard, memory, dan processor. Motherboard merupakan papan sirkuit utama di dalam unit sistem yang menjadi tempat “menancapkan” berbagai komponen lainnya. Memory adalah tempat penyimpanan sementara untuk data dan instruksi, sedangkan processor menjalankan instruksi yang memberitahukan bagaimana komputer bertindak. Selebihnya merupakan komponen yang cukup penting juga seperti hard disk, dan beberapa komplementer seperti soundcard, videocard, modem, dan lain-lain. Perangkat keras lainnya adalah untuk input dan output. Alat input adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi, misalnya keyboard, mouse, joystick, microphone, kamera, scanner, dan lain-lain. Alat output adalah perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada user, misalnya printer, speaker, monitor, dan lain-lain.

Processor sebagai “otak” komputer memiliki tahap-tahap dalam mengeksekusi sebuah instruksi. Sebuah instruksi pertama-tama akan melalui control unit untuk ditafsirkan (decode). Setelah itu ALU (Arithmetic-Logic Unit) akan melakukan proses komputasi dan komparasi pada data. Terakhir data akan disimpan pada register (sebuah komponen penyimpanan berkecepatan tinggi) dan siap untuk didistribusikan ke primary storage lalu ke secondary storage.

Komputer sendiri memiliki hirarki dari komputer yang paling powerful sampai microcomputer yang dapat dimasukkan dalam kantung celana anda. Supercomputers merupakan komputer berkecepatan tinggi yang sangat canggih dan berada pada tingkat tertinggi dalam hirarki komputer. Berikutnya adalah mainframe yang biasa digunakan dalam berbagai instansi untuk menyimpan dan memproses data yang besar. Minicomputer adalah komputer tingkat menegah yang biasa digunakan lab, pabrik, atau universitas. Minicomputer digunakan sebagai front-end processor untuk mainframe. Pada tingkat paling bawah ada microcomputers. Inilah komputer yang sering kita gunakan. Desktop, laptop, PDA termasuk dalam microcomputers. Komputer-komputer ini bersifat personal.

Dewasa ini perkembangan perangkat keras dan komputer kiat pesat. Berbagai inovasi bermunculan. Kita adalah pihak yang diuntungkan dalam “perang dingin teknologi” ini. Tinggal bagaimana kita memaksimalkan produktivitas dengan berbagai teknologi yang ada.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php