iShare

Teknologi Informasi dalam Organisasi Modern

Posted: September 19th 2012

Dari tulisan yang telah saya posting beberapa waktu yang lalu, kita telah mengetahui betapa pentingnya IT dalam lingkungan bisnis. IT memiliki hubungan yang erat dengan sistem informasi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sistem informasi adalah suatu proses pengumpulan dan pengolahan data hingga menjadi knowledge. Sistem informasi dapat mensuport sebuah organisasi. Sekarang kita akan membahas lebih jauh bagaimana teknologi informasi berperan dalam suatu organisasi modern.

Sistem informasi memiliki infrastruktur dan berperan dalam integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi. Infrastruktur sistem informasi adalah segala fasilitas fisik, jasa, dan manajemen yang mendukung semua sember daya komputasi organisasi. Infrastruktur sistem informasi terdiri dari perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak (software), database, data, dan jaringan. Semua elemen infrastruktur sistem informasi ini terintegrasi hingga dapat menjalankan berbagai bidang usaha seperti dalam bidang keuangan, akuntansi, pabrik, pemasaran dan lain-lain.

Selain infrastruktur, sistem informasi juga memiliki arsitektur. Arsitektur informasi adalah rencana tentang bagaimana persyaratan-persyaratan dalam sebuah informasi akan dipenuhi. Arsitektur informasi menggabungkan persyaratan dari sebuah informasi, infrastruktur informasi yang telah ada dan yang sedang direncanakan, dan aplikasi perangkat lunak untuk memastikan bahwa organisasi yang menjalankan sistem informasi memenuhi kebutuhan strategis organisasi bisnis.

Lalu bagaimana sistem informasi mensuport sebuah organisasi? Sistem informasi memungkinkan dibuatnya sebuah aplikasi yang berfungsi secara spesifik hingga dapat mendukung kinerja sebuah organisasi. Sebuah sistem informasi dapat menghubungkan suatu organisasi ke organisasi lain hingga membentuk suatu jaringan yang saling menunjang. Jaringan ini adalah sebuah susunan yang hirarkis mulai dari staff yang berperan langsung di lapangan sebagai eksekutor samapai pada top manager yang bertugas mengambil keputusan. Sistem informasi menyediakan data yang dapat menjadi referensi untuk mengambil keputusan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php