iShare

IT dalam Dunia Bisnis

Posted: September 16th 2012

Dunia bisnis dewasa ini ditandai dengan perubahan yang kian cepat, kompleksitas, ekonomi global, kompetisi yang keras dan fokus terhadap konsumen. Para pebisnis dituntut lebih produktif dalam keterbatasan sumber daya. Tekanan terhadap dunia bisnis juga datang dari pemerintah, dalam hal ini peraturan-peraturan pemerintah yang dapat mempersempit ruang gerak bisnis. Untuk menghadapi masalah-masalah ini dibutuhkan sebuah tindakan proaktif. Disinilah peran IT dalam menjaga bisnis tetap “bernafas”.

IT menjadi sangat urgent dalam menghadapi dunia bisnis yang tidak kenal belas kasihan. Struktur organisasi, managerial dan proses bisnis kadang dipengaruhi oleh IT. IT mempercepat kinerja, meningkatkan akurasi/efektifitas dan menambah efisiensi. Tak ayal, semua bidang dalam dunia bisnis sekarang mengandalkan IT.

IT merupakan motor penggerak dalam rangkaian pemacahan masalah bisnis. Tekanan dan potensi bisnis menuntut diadakannya sebuah strategi bisnis yaitu apa sasaran bisnis dan perubahan internal dan eksternal apa yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dikumpulkan data yang kemudian dikelolah hingga menjadi sebuah informasi. Informasi ini kemudian menjadi knowledge yang merupakan kekuatan sebuah bisnis. Proses dari mengumpulkan data sampai menjadi knowledge dinamakan sistem informasi. Dan untuk menjalankan semua itu diperlukan IT.   


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php