Riany Prastika Mentari

Pengantar Teknologi Informasi 2

Posted: December 9th 2013

Pengantar Teknologi Informasi

Week 8

Pengertian Internet dan Intranet

Internet adalah hasil pengembangan dari intranet yang sekarang di artikan sebagai jaringan komputer terbesar yang dapat mengirim informasi dengan sangat mudah menggunakan standart dan protokol yang terbuka, tidak eklusif, dalam jaringan yang saling berhubungan dengan jaringan. Sedangkan Intranet adalah ide awal sebelum dikembangkan menjadi internet , atau jaringan internal yang menggunakan sambungan internet.

Layanan secara umum yang tersedia dalam Internet :

  1. Email
  2. Web
  3. File Transfer
  4. Chat
  5. Message Board
  6. Instant Messaging

Internet sekarang ini menjadi jaringan terbesar yang menghubungkan jaringan komputer baik dalam dunia bisnis, organisasi, lembaga pemerintah, maupun sekolah di seluruh dunia dengan cepat, mudah, dan murah. Internet dimasa yang akan datang akan dikembangkan lagi, dengan bantuan 180 universitas di US untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi terdepan daan tercanggih untuk riset dan pembelajaran dengan kerjasama yang baik dengan pemerintah untuk melancarkan pengembangan dunia internet.

Week 9

Sistem Informasi Fungsional

Terdiri dari beberapa SI kecil yang fokus pada tugas yang spesifik. Secara spesifik aplikasi SI bisa diwujudkan dalam :

  1. aplikasi yang benar independen
  2. terintegrasi membentuk suatu sistem fungsional departement yang koheren
  3. di integrasikan lintas departement untuk mendukung proses bisnis yang lebih luas

Di dalam sistem informasi fungsional ada transaction processing system. Yang dimaksud dengan transaksi adalah setiap peristiwa/event yang terjadi selama proses operasi bisnis.

Week 10

Electronic Commerce

Sejarah

Dimulai pada awal 1970 jauh sebelum internet berkembang dan dipergunakan secara luas.  Pada awalnya digunakan untuk perusahaan besar dalam pengembanan bisnis luar. Dengan fasilitas Electronic Fund Transfer (EFT), dan Electronic Data Interchange (EDI). Ruang lingkup dari E-Commerce berupa iklan, perbankan, jual beli alat elektronik, jual beli saham, pencarian pekerjaan, lelang, kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia dan dapat menyediakan layanan konsumen. Jadi, E-Commerce adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer dengan internet. Tipe dari E-Commerce adalah :

  1. Business to Business EC (B2B)
  2. Collaborative Commerce (c-commerce)
  3. Business to Consumer EC (B2C)
  4. Consumer to Business (C2B)
  5. Consumer to Consumer (C2C)
  6. Intrabusiness (Intraorganizational) Commerce
  7. Goverment to Citizens (G2C) and other
  8. Mobile Commerce (M-Commerce)

Week 11

Wireless, Mobile Computing dan Mobile Commerce

Perangkat Wireless cukup kecil sehingga mudah di bawa atau digunakan, memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas produktif dan bisa berkomunikasi secara nirkabel dengan internet ataupun perangkat lainnya. Terdiri dari Microbrowsers yang artinya adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang bisa bekerja di perangkat wireless dengan memory dan bandwith internet terbatas. Dan Pager yang artinya adalah wireless messaging system satu arah untuk mengingatkan pengguna ketika menerima pesan yang masuk. Kemudian ada Wireless Transmission Media terdiri dari Microwave transmission systems digunakan secara luas untuk komunikasi yang bervolume tinggi, kemudian ada Satellite transmission yang menggunaka satelit komunikasi, kemudian yang ketiga ada Footprint yang artinya adalah area permukaan bumi yang dijangkau oleh transmisi satelit yang mengatasi keterbatasan dari microwave data relay stations, lalu ada Broadcast transmission yang mengijinkan satelit untuk megirimkan sinyal kebanyak receivers sekaligus dan yang terakhir Propagation delay adalah jeda sesaat pada transmisi dari satelit GEO(Geostationary Earth Orbit)  yang mengganggu pembicaraan pada two-way telephone. Ada Wireless Telemedicine yang artinya adalah penggunaan telekomunnikasi modern dan IT untuk menyediakan perawatan klinis bagi individu yang jauh dan untuk mengirimkan informasi terkait dengan perawatan klinis tersebut.

Week 12

Data, Pengetahuan dan Pendukung Keputusan

Sumber data  internal, personal dan eksternal. Teknik untuk mengumpulkan data bisa dengan cara manual, dengan sensor dan peralatan atau dengan scanning atau electronic transfer. data juga harus memiliki kualitas yang baik, terutama pada isi dari data tersebut lalu data yang akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap dan konsisten.

Decision Support System yang artinya adalah sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasi data yang digunakan untuk membuat pengambilan keputusan pada situasi yang semitekstruktur dan situasi yang tidak terstruktur dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.

Keputusan terstuktur adalah keputusan yang dilakukan secara berulang-ulang dan berifat rutin.

Keputusan semiterstruktur adalah keputusan yang mmpunyai sifat yakni sebagian keputusan dapat ditangani oleh komputer dan yang lain tetap harus dilakukan oleh pengambil keputusan.

dan yang terakhir Keputusan tak terstruktur adalah keputusan yang penanganannya rumit, karena tidak terjadi beulang-ulang.

Week 14

Etika, Dampak, dan Keamanan

Etika dalam dunia IT adalah kepercayaan tentang hal yang benar dan salah atau yang baik dan buruk. Etika terbagi lagi menjadi Privasi, Accuracy, Property, dan Accessibility. Dampaknya bisa menimbulkan banyak ancaman yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Ancaman yang tidak disengaja diantaranya adalah Human Error, Environmental Hazards, dan Computer System Failures. Yang disengaja diantaranya Sistem menjadi subyek dari serangan kriminal. Ada pula kejahatan komputer yaitu komputer sering menjadi target dari aktivitas kriminal. Maka itu perusahaan dan individu harus aktif membangun mekanisme perlindungan seperti mencegah kerusakan, mendeteksi ancaman sebelum kerusakan menyebar, membatasi kerugian dari ancaman, merencanakan tahap recovery bila terjadi serangan dan memperbaiki sistem agar tidak terulang lagi.

Strategi Proteksi yang umum juga kita dapat menambahkan keamanan fisik pada fasilitas dan sumber daya, mengontrol akses ke sistem, atau melindungi data dari akses tidak sah.

Pencegahan bencana dan Recovery Plans

  1. Organisasi harus memikirkan bagaimana penanganan terhadap bencana
  2. Key people hharus mengetahui tindakan yang harus diambil bila terjadi bencana
  3. Disaster Plans harus diuji melalui pelatihan
  4. Prosedure back-up adalah komponen utama
  5. Disiplin menjadi kunci utama dalam implementasi protection plans
  6. Harus ada yang menjaga dan mengontrol sistem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php