riandi gentry

Implementing IT ; Ethics, Impacts, and Security

Posted: December 5th 2012

Dalam mengimplementasikan suatu teknologi informasi haruslah mempunyai etika, dampak, dan keamanannya. Teknologi informasi yang begitu pesat perkembangannya , kita juga harus menyesuaikannya dengan pola pikir dan tingkah  laku yang tepat. Penggunaan teknologi informasi haruslah memiliki tindak perlindungan dan jalan untuk suatu informasi sistem yang mendukung kinerja teknologi informasi yang ada saat ini.

Etika : cabang dari ilmu filosofi yang menyetujui dengan apa yang dipertimbangkan menjadi sesuatu yang benar dan salah.

Kode dari etika : Prinsip yang memandu anggota  dari sebuah organisasi.

Tipe dari isu etika :

  1. Privacy ; apa yang dikoleksi, disimpan, dan dibagikan tentang yang lainnya dari suatu proses sistem informasi yang digunakan.
  2. Accuracy ; apa yang telah digunakan untuk keotentikan data dan keakuratan data
  3. Accessibilty ; yang mendapatkan informasi pasti yang terakses / aksesbilitas yang tepat , dimana hal ini siapa yang mendapatkan informasi

Information privacy  ;  kebenaran dalam menjelaskan informasi apa tersebut yang dapat dibagikan kepada yang lainnya, informasi pribadi yang dapat dipaparkan dalam suatu system informasi.

Electronic surveillance ; pengguna computer yang berperan dapat memonitor/ memantau tanpa pengetahuan dari kedua hal, saat kerja atau di rumah.

Storage of personal information in databases ; apa yang disimpan dalam informasi pribadi dalam suatu database secara akurat dan siapa yang akan membagikan kepada para pegguna , juga bagaimana akan bekerja untuk digunakan  dalam suatu system informasi.

Intellectual Property Issues ;

–          Trade Secret ; pekerjaan yang pintar untuk menangani kerahasiaan suatu data yang bukan untuk dikeluarkan/ dimunculkan

–          Patent ; suatu pekerjaan yang digunakan haruslah secara paten agar data yang dihasilkan bisa akurat dan sesuai dengan yang diinginkan

–          Copyright : hak cipta dalam membuat suatu data yang dibuat oleh pencipta/ pembuat suatu hasil karya cipta software yang dibuatnya.

IT and Organizations ;

Banyak perusahaan yang menggunakan IT untuk mendukung kinerja kerja dalam menangani setiap pekerjaan yang dibuat. IT ini didesain untuk mendukung sistem informasi suatu organisasi yang membutuhkan , dalam sistem kerjanya, dll.

IT and Jobs ;

IT dan pekerjaan bersaing untuk menjadi yang paling diunggulkan dalam cara kerja , kemampuan berkomunikasi secara baik , memutuskan mana yang benar dan salah.

IT and Inviduals ;

Ketakutan manusia menjadi tidak menjadi social, kurang memiliki rasa kemanusian lagi yang sangat dibutuhkan, pekerjaan jadi overload karena adanya IT yang menunjang kemampuan kerja . Ketergantungan manusia akan IT menjadi tinggi.Angka kemanusiaan menjadi melemah

IT and society ;

Dengan adanya IT , membantu dalam hubungan komunikasi jarak jauh dengan sangat cepat dan mudah. Kita juga bisa bersosialisasi didalamnya. Berinteraksi dalam dunia maya, saling bertukar informasi, dan bercakap satu sama lain didalam IT itu sendiri. Menunjang dalam jaringan sosial masyarakat pada umumnya.

Security Concerns ; sistem informasi adalah subjek untuk banyak ancaman.

  1. a.      Unintentional threats
  • Human error – pada desain atau penggunaan dari sistemnya
  • Environmental hazards –  tindakan dari Tuhan dan lainnya
  • Computer system failures – kesalahan produk
  1. b.      Intentional threats
  • Sistem adalah subjek untuk memperluas macam bahaya dari serangan criminal

Computer Crimes (kejahatan komputer) ; komputer mungkin menjadi target dari kegiatan kriminal atau bermaksud dengan yang mana kegiatan kriminal dilakukan

 

 

Methods of attack ( Metode dari serangan ) ;

–          Gangguan data yang paling umum adalah serangan pada sistem komputer

–          Penipuan pemrograman disengaja secara umum :

  1. Virus adalah bentuk yang terlihat dari serangan pemrograman
  2. Penolakan dari target pelayanan serangan situs e-commerce pada komputer

Protecting IT ( Perlindungan IT ) ; Individu/perseorangan dan organisasi harus secara efektif menentukan mekanisme perlindungan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php