Retno Ken Raras

kayu hitam nan mewah jawa

Posted: December 2nd 2016

Dari artikel kemarin uda banyak tentang hewan sih ya, sekarang mau kasih info nii tentang tumbuhan. . artikel kali ini tu bakal ngebahas tentang action plan untuk Pohon Sonokeling What?? Kayu Sonokeling (atau Sanakeling) dikenal sebagai kayu mewah yang asli pulau Jawa yang tumbuh di Jawa bagian tengah dan timur, Indonesia. Bersama dengan kayu jati, Sonokeling menjadi primadona. Sayangnya, tumbuhan asli Indonesia (Jawa) ini mulai sulit ditemukan di habitat aslinya. Nama latin tumbuhan ini adalah Dalbergia latifolia Roxb. Sebaran alaminya secara global, selain di Indonesia, adalah di India (Andhra Pradesh, Karnataka, Sikkim, Tamil Nadu, Uttar Pradesh) dan Nepal. Habitat utamanya di hutan hujan tropis pada ketinggian di bawah 600 meter dpl. Tumbuh berkelompok terutama di daerah berbatu, kering, dan kurang subur yang mengalami kering secara berkala.     Why? Sonokeling juga dikagumi dan diinginkan bangsa lain, karena coraknya yang indah. Cina mengimpor kayu sonokeling dari Indonesia, namun kita tidak diperkenankan mengirim dalam bentuk … Read more


Bulu indah merak hijau jawa

Posted: November 2nd 2016

Halo halo,.. kemarin kan aku udah apload sedikit nih tentang kanguru pohon. Nah sekarang ada sedikit informasi tentang merak hijau jawa, khususnya dari jawa timur. Nah kamu tau gak? Bulu merak hijau ini sering digunain buat bikin kesenian reog ponorogo, pasti pernah liat kan kesenian itu. Ternyata banyak perilaku dari merak ini, terutama dia bisa ngeluarin 6 suara,. Mau liat lebih lanjut??? Yuk baca…. Definisi : Merak Hijau atau kerap disebut Merak Jawa, nama ilmiahnya Pavo muticus adalah salah satu burung dari tiga spesies burung merak. Seperti burung-burung lainnya yang ditemukan di suku Phasianidae, Merak Hijau mempunyai bulu yang indah. Bulu-bulunya berwarna hijau keemasan. Burung jantan dewasa berukuran sangat besar, panjangnya dapat mencapai 300cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Walaupun berukuran sangat besar, … Read more


Kemana aku harus melompat?

Posted: August 29th 2016

Kanguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus mayri) Seberapa banyak kamu mengetahui hewan apa saja yang terancam punah di negara kita ini “Indonesia”? saat pertanyaan seperti itu muncul maka kebanyakan orang pasti akan menjawab “orang utan, harimau Sumatera dan Jawa, gajah Sumatera, badak bercula satu”. Dan apakah kamu tau bahwa di Indonesia ini terdapat kanguru pohon? Yaa, kanguru pohon dan uniknya kanguru pohon ini hanya tinggal di hutan tropis atau hutan hujan di dataran tinggi. Kamu tau juga gak kalo hewan ini juga terancam punah? Orang awam mungkin tidak tahu mengenai hal ini. Bahkan keberadaannya saja mungkin tidak tahu. Lantas, apa itu Kanguru Pohon? Seperti apa wujudnya? Kanguru pohon? Saat mendengar kata “kanguru” orang awam akan berpikir tentang hewan besar dari Australia yang tinggi badannya seukuran dengan manusia. Namun, kanguru pohon adalah kanguru kecil yang tinggal di pohon. Kanguru pohon merupakan suatu makropod yang dapat beradaptasi dengan lingkungannya dengan hidup diatas pohon. Kangguru … Read more


Hello world!

Posted: August 25th 2016

Welcome to Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php