rescue blogs

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 21st 2012

Wireless adalah suatu teknologi yang dapat melakukan komunikasi nirkabel dengan perangkat internet lainnya. Kita yang sering kali menggunakan internet pastinya sudah tahu alat apa saja yang bisa digunakan untuk mengakses internet seperti Smartphone yang mudah atau sering kita temukan, tentu saja smartphone ini harus memiliki sebuah MicroBrowser yang bisa meminimalis ukuran data atau mengkompresnya contohnya seperti Operamini. Ada juga istilah tentang WAP yang dapat mengatur piranti sebuah mobile. Kita juga bisa melakukan dengan ‘Pager’ yaitu dimana seseorang bisa mengirim pesan melalui Operator.

Wireless Transmission Media ini adalah sebuah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi. Contoh medianya adalah:

  • Microwave Transmission system, sistem ini memiliki metode transmisi seperti point ke ponit yang terhubung jarak jauh dengan kuota yang besar.
  • Microwave Transmission System, sistem ini memanfaatkan sebuah satelit komunikasi yang ke tiga satelit ini memiliki orbit yang berbeda-beda. Ketiga satelit itu adalah Geostationary (Geo) “dengan orbitan 22.300, bisa dikatankan satelit ini paling tinggi posisinya di dunia”, Medium-earth-orbit (MEO) “dengan orbitan 6000, satelit ini berada dibawah Geo”, dan yang terakhir adalah Low-earth-orbit (LEO) “dengan orbitan 400-700, satelit ini berada dibawah dari Geo dan Meo”.
  • Footprint, area dari system ini mencangkup transmisi Satelit-satelit.
  • Boardcast transmission, sistem ini berfungsi untuk menyebarkan informasi kesebuah perangkat.
  • Propagation delay, sistem ini memiliki rentan waktu muncul akibat transmisi yang dilakukan satelit atau bisa disebut memiliki jeda waktu.

Global Positioning System (GPS) adalah sebuah sistem wireless yang digunakan untuk mengetahui dimana posisi Bumi yang menggunakan 24 satelit yang ada.

Internet Over Satellite (IOS) adalah akses yang melalui Internet yang mengguanakan satelit GEO dan memiliki transfer data yang cukup besar atau halus.

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elktromagnetik. Radio sendiri memiliki bagian :

  • Transmisi Radio ini menggunakan sebuah gelombang radio untuk mengerim sebuah data antara pemancar dengan penerima.
  • Satelit Radio ini adalah satelit yang digunakan untuk mengirim sebuah sinyal adata ke ruang angkasa.
  • Infrared ini adalah pertukaran data dalam bentuk atau ukuran yang sangat kecil dan tidak melakukan transmisi yang besar contohnya pada remot yang digunakan untuk mengontrol sebuah benda sperti AC, TV, DVD, dll.

Wireless Komputer dan Internet Akses, IEEE adalah standar untuk wireles komputer yang diantaranya seperti :

  • Bluetooth yang menggunakan gelombang radio. Bluetooth ini dapat mengirim hingga 1Mbps dan dapat menghubungkan 8 perangkat dalam area atau dengan jarak 10 meter. Bluetooth menggunakan jumlah PANs yang kecil, PANs  ini adalah jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antara perangkat komputer.
  • Wi-Fi (WLANs), Ada beberapa masalah atau problem yang terjadi pada Wi-Fi seperti Roaming (Tidak bisa berpindah dari hostpot lain ke lainnya harus membuthkan login kembali), Cost (Layanan yang memiliki biaya sendri), Security (Layanan yang memiliki sistem keamanan). Wireless Local Area Networks (WLANs) adalah akses nirkabel yang menghubungkan ke LAN kabel atau satelit yang menyediakan koneksi internet. WLANs memiliki bagian seperti Network Internet Card dan Hotspot.
  • Wi-Max (WMANs), memiliki area yang cukup besar, biasanya diperkotaan dengan data transfer data 75 Mbps.
  • Proposed (WWANs)

Zigbee adalah aplikasi yang membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi data rendah. Zigbee ini dapat memindahkan data hanya sebagian dan secepat bluetooth.

Mobile Computing and Mobile Commerce

Mobile computing adalah suatu perangkat yang bisa atau dapat melakukan sebuah komputing dengan cara bergerak. Mobile ini juga bisa atau memiliki kemampuan koneksi dengan Wi-fi. Memiliki dua bagian :

  1. Mobility ( Bergerak )
  2. Broadreach menggunakan lima komponen (ubiquity, convenience, instant connectivity, personalization, localizations)

Mobile Commerce adalah transaksi yang dilkukan dalam nirkabel terutama melalui internet. Pengembangan commerce ini karena meluasnya ketersediaan, tidak perlu untuk PC, budaya phone, penurunan harga, dan penigkatan bandwidth. Aplikasi yang mendukung dalam mobile comm ini adalah:

  • Financial Services
  • Mobile Banking
  • Wireless Electronic Payment Systems
  • Micropayments
  • Mobile (Wireless) Wallets
  • Wireless Bill Payments

Intrabusiness Applications

  1. Accesing infomation
  • Mobile portal yaitu penyajian info dalam bentuk mobile
  • Voice portal yaitu penyajian info dalam bentuk suara

Location-based Applications

  • Shopping form Wireless Devices
  • Location-based Advertising
  • Location-based Services

Wireless Telemedicine digunakan pada telekomunikasi modern dan teknologi informasi untuk penyidiaan perawatan untuk individu. Aplikasi yang terdapat pada wireless ini adalah Menyimpan dan mentransfer digital, Membiarkan pasien dalam satu lokasi , Menggunakan robot untuk melakukan operasi jarak jauh. Telemetry  application adalah penghitungan suatu lokasi. Pervasive Computing adalah melakukan berbagai hal yang melalui sebuah perangkat. Radio Frequency Identification adalah mengidentifikasi melalui sinyal radio menggunakan satu chip. Wireless Sensor Networks adalah jaringan yang saling berhubungan, bertenaga baterai, dan sensor. Wireless Security adalah sistem pengamanan dalam wireless yang terlindung dalam jalur akses yang nakal atau tidak sah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php