rescue blogs

Ethics Impact and Security

Posted: November 6th 2012

Didalam Teknologi Informatika kita juga memerlukan sebuah etika yang sangat penting juga demi keamanan dan keakuratan sebuah informasi. Di teknologi informatika perlu kewenangan bagi orang yang menggunakan sehingga ada batasan-batasan dalam penggunaannya. Etika bisa juga diartikan sebagai pedoman manusia dalam melakukan sesuatu. Etika ini adalah hal-hal yang disepakati dengan kebenaran dan kesalahan. Ada beberapa macam etika yaitu :

  • Privasi : yaitu bagaimana informasi didapat, dikumpulkan, disimpan, dan disharing.
  • Akurasi : yaitu keakuratan, keaslian sebuah data. Apakah suatu data itu bersumber dari benar atau salah.
  • Properti : yaitu berkaitan dengan HAKI(Hak Atas Kekayaan Intelektual) dan bagaimana cara memberi kompensasi yang benar.
  • Aksesbilitas : yaitu bagaimana  mengetahui tentang siapa yang dapat mengakses suatu inforamasi.

Didalam teknologi informasi juga dikenal tentang intelektual property issues, ada beberapa bagian dari intelektual issues ini seperti, Trade Secret yaitu suatu informasi yang di publish seseorang yang tidak aman untuk disharingkan, lalu  yang kedua Copyright yaitu hak eksklusif untuk mengcopy, mensharekan(mempublish) suatu produk, yang biasanya berlaku cukup lama sekitar kurang lebih 50 tahun, yang ketiga adalah Patent  yaitu hak eksklusif yang diberikan orang yang menciptakan produk atau barang kurang lebih selama 20 tahun.

Ada beberapa struktur yang berhubungan dengan IT yaitu,

  • IT & Organisasi (struktur ini bisa berubah dan dapat menjadikan struktur menjadi rata.
  • IT & Online (contohnya seperti tiket online, dll yang berbau dengan internet )
  • IT & Individual (struktur ini bisa mengurangi ketika berinteraksi, sehingga kebanyakan bekerja sendiri)

Di Sistem Informasi dibutuhkan suatu keamanan yang baik agar dapat bekerja secara optimal. Tetapi di dalam Sistem Informasi juga bisa mendapat sebuah ancaman, seperti ancaman yang secara tidak sengaja muncul yaitu :

Faktor dari luar, atau berasal dari pihak lain :

  • (Human Eror) yaitu yang muncul dari manusia
  • Lingkungan misalnya berasal dari Bencana Alam
  • Kesalahan dari computer itu sendiri

Didalam IT juga ada kejahatan komputer (etika yang salah), hal ini yang sering terjadi di era modern ini, karena bnyak sekali orang-orang yang ahli dalam sistem komputer menyalahgunakan ke ahliannya. Dengan metode, Mencuri data (Tampering), Memberikan program yang dapat merusak sistem seperti virus, dan DOS attact.

Dengan maraknya kejahatan sistem komputer (komputer) maka dari itu ada sistem pengamanan dalam teknologi informasi yaitu, Individu & Organisasi yaang harus mengaktifkan keamanan kesistem, General Protect, dan Aplikasi Control.

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php