rescue blogs

eCommerce

Posted: November 6th 2012

Pada awal 1970-an dimana orang-orang zaman itu sudah memikirkan bagaimana cara untuk bertransaksi jarak jauh. Pada saat itu hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang bisa melakukan transaksi ini. Pada zaman modern ini e-commerce sudah mencangkup :

  • Iklan
  • Toko elektronik
  • Saham
  • Lelang
  • Mencari Pekerjaan (job)
  • Toko-toko besar.

Disini kita akan membicarakan definisi tentang e-commerce(EC), EC sendiri adalah proses pembelian, penjualan, bertukar produk, jasa, dan informasi jaringan komputer, terutama dalam internet. E-commerce ini memiliki 3 bagian yaitu traditional commerce, pure eCommerce, partial eCommerce.

  • Traditional commerce adalah merupakan mortar organisasi yang proses pelaksanaannya dilakukan secara tidak online atau bisa dibilang pembeli dan penjual itu saling bertatap muka. Contoh dari Tradisional commerce adalah seperti penjualan atau pembelian batu bata, pasir, atau barang2 yang mudah kita temui.
  • Pure eCommerce adalah penjualan barang-barang atau transaksi dilakukan yang dilakukan secara online (secara virtual). Contohnya adalah penjualan tiket online, toko online, dll berhubungan dengan internet.
  • Partial eCommerce adalah merupakan gabungan dari Traditional Commerce dan pure EC.

Selain itu ada beberapa jenis E-Commerce yang ada dilikungan bisnis yaitu :

  • Business to business eCommerce (B2B) : “Merupakan gambaran transaksi perdagangan antara perusahaan, seperti anatara produsen dan grosir, atau antara grosir dan pengecer.
  • Collaborative commerce (c-commerce) : Merupakan Optimalisasi pasokan dan saluran distribusi untuk memanfaatkan atas ekonomi global dan menggunakan teknologi baru efisien.
  • Business to consumer eCommerce (B2C) : Merupakan percobaan konsumen dengan membuat pembelian secara online. Perkembangan pembelian melalui internet berkembang pesat sebagai konsumen mengetahui ada banyak keuntungan untuk belanja secara online.
  • Consumer to consumer (C2C) : Merupakan pemasaran yang menciptakan suatu produk atau jasa dengan strategi promosi tertentu yang bagi konsumen untuk berbagi bahwa produk atau jasa dengan orang lain.
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Goverment to citizens (G2C)
  • Mobile commerce(m-commerce) dan lainnya

Syarat yang dibutuhkan oleh eCommerce adalah:

  • Infrastructure, syarat ini meliputi Hardware, Software, dan jaringan yang digunakan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.
  • Pembayaran Elektronik Mekanisme

a)       Electronic checks

b)       Electronic credit cards

c)       Electronic cash in PC

d)       Electronic payment cards with e-cash

e)       Smart cards

f)        Person-to-person payment systems

g)       Electronic Funds Transfer (EFT)

h)       Electronic wallets

i)         Purchasing cards


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php