rescue blogs

Managing Organizational Data and Information (Organisasi Data dan Informasi)

Posted: September 25th 2012

Data adalah Database yang berisi file, file berisi catatan, rekaman berisi bidang, bidang mengandung karakter tulisan atau sebuah angka. Ada data yang berbentuk data Pengaturan dan Akses.

  • Field adalah suatu grup logic yang dari karakter yang membentuk suatu word angka. Field ini berbentuk kolom.
  • Record adalah suatu grup logic yang didalamnya berisi kumpulan dari beberapa field.
  • File adalah suatu grup logic yang didalamnya berisi kumpulan dari beberapa record.
  • Data Base adalah suatu logic yang didalamnya berisi kumpulan  dari beberapa file.

Suatu field memiliki kombinasi dari satu atau beberapa karakter. Filed ini berbentuk suatu kolom.

  • Field Size “Yang mempunyai definisi sebagai tampungan (ukuran) suatu karakter”,
  • Field Name “Field ini adalah Nama dari sebuah karakter. Karakter nama ini tidak boleh sama”,
  • Data Type “Type yang digunakan untuk menampilkan sebuah data seperti sebuah Text, Numeric, AutoNumber, Currency, Date, Memo, Yes/No, Hyperlink, dan Object.

Data Manajemen Terminolgy memliki beberapa komponen seperti, Primary Key, Secondary Key, Entity, dan Attribute. Pertama Primary Key ” adalah suatu data yang unik dimiliki oleh data manajemen”, Kedua secondary Key ” adalah suatu data yang tidak unik / berisi suatu identitas grup”, Ketiga Entity ” orang, tempat, benda, atau peristiwa yang berupa informasi yang dikelola atau sebuah identitas”, Attribute ” setiap karakteristik atau kualitas menggambarkan entitas tertentu atau ini bisa disebut suatu field”.

Penempatan Data yang ada didalam Database, untuk database ada dua pilihan yaitu Centralized (terpusat) dan Distributed (ditribusi).

  • Centralized (terpusat) : Tidak memerlukan proses sinkronisasi. Tetapi memiliki sifat lambat dengan area luas, dan cepat jika area terbatas (kecil). Menyediakan administrator database dengan kemampuan untuk bekerja pada database secara keseluruhan di satu lokasi dan terpusat lebih khusus.
  • Distributed (distribusi) : memerlukan proses sinkronisasi. Memiliki sifat cepat di area luas, dan lambat diarea terbatas (kecil). Salinan lengkap dari database, atau bagian dari database, berada di lebih dari satu lokasi, dekat dengan pengguna dan terpusat tidak khusus.

Database Management System adalah Satu set program perangkat lunak yang menyediakan akses ke database. Data ini disimpan dalam satu lokasi, dari yang dapat diperbarui dan diambil. Program aplikasi yang diberikan akses ke data yang disimpan oleh berbagai mekanisme. Mekanismenya adalah yang pertama yaitu “Menjaga integritas informasi”, yang kedua “Mengelola keamanan dan akses pengguna”, yang tiga “Memulihkan informasi ketika sistem gagal”, yang ke empat “Mengakses fungsi berbagai database”.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php