rescue blogs

Computer software

Posted: September 25th 2012

Ngomong-ngmong soal software, software adalah perangkat lunak yang terdapat pada komputer. Software berbeda dengan hardware, kalo hardware itu perangkat keras yang ada bisa kita sentuh atau raba, sedangkan software ini perangkat lunak yang tidak bisa di raba atau disentuh. Meskipun software ini tidak bisa disentuh, tetapi software ini bisa di oparsikan. software ini berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan juga krena tuntutan dari kebutuhan manusia . Semakin tinggi aplikasi yang ada di dunia ini atau semakin maju, semakin besar kemungkinan keError’an terjadi. Oleh karena itu agar tidak terjadi keErroran kita bisa melakukan Debugg. Ada beberapa istilah dari software yaitu Program Komputer, Konsep Stored Program, Programming, dan Programmers.

• Program Komputer (program ini adalah urutan intruksi untuk komputer).

• Konsep Stored Program (konsep ini adalah intruksi yang ditulis dalam program disimpan dan   dieksekusi jika dibuthkan olh CPU).

• Programming ( ini adalah proses penulisan program).

• Programmers (ini adalah proses dimana kita sebagai user akan melakukan sebuah pemograman).

Sistem Software menginstruksi atau menghandle suatu Hardware, sistem ini adalah perangkat lunak yang memberikan pelayanan pada komputer, dan juga memberikan fasilitator untuk perkembangan program komputer. Sistem software ini bersifat independen.

Sistem Control Programs. Sistem ini mengontrol suatu sistem seperti Hardware Software, dan Data. Dalam sistem ini terdapat Sistem Operating, sistem berguna untuk memantau semua pekerjaan komputer. Sistem ini juga dapat mengalokasikan CPU time dan Main Memory untuk program yang bekerja di komputer, dan juga memberikan Interface antara user dan komputer.

Operating System Services memiliki bagian; Prosesses Manejemen ini berguna untuk menghandle program yang sedang berjalan pada prosessor. Contoh dari proses manejemen adalah Multiprograming (Membuka beberapa program), Multireading ( Menjalankan 2 atau beberapa task), Timesharing ( Menggunakan terminal input / output yang berbeda), Multiprosessing ( Pada Proses CPU bisa bekerja lebih dari satu). Didalam operating ini ada : Virtual Memory “Yang berasal dari memory external untuk menambah memory utama”, File Management & Security “Mengatur keamanan suatu Software”, Fault Tolerance “Tetap bisa melakukan task yang lain ketika terjadi keErorran”, User Interface “Melakukan program interface”.

Sistem Support Program Sistem ini memiliki kemampuan yang Spesifik. Sistem ini mendukung operasi, manajemen, dan pengguna sistem komputer. Contohnya Sistem Utilities, sistem ini Melakukan tugas umum: menyortir catatan, memeriksa integritas disk, menciptakan direktori dan subdirektori, memulihkan file tidak sengaja terhapus, mencari file yang tersimpan, mengelola penggunaan memori, dan mengarahkan output.

Application Software Program ini melakukan kegiatan pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna. Program ini memiliki type Proprietary App Software “ yang dikembangkan secara spesifik”, Off-The-Shelf App Software “ yang dikembangkan secara umum”.

Software Issues Software Evaluation and Selection, memiliki beberapa Selection Factors, “memiliki sistem app tools”, “ketika membeli tidak mahal”, “memiliki kemampuan bisa dikembangkan”, “cocok digunakan di lingkungan”. Ada bagian yaitu Software Licensing (Medapatkan izin untuk melakukan atau menggunakan copy right), Software Upgrade (Memperkecil proses bugg atau error), Open Sistem (Suatu sistem yang bisa di konfigurasi sendri), dan Open Source Software (Boleh dikembangkan oleh siapapun).

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php