rescue blogs

Computer Hardware

Posted: September 18th 2012

Hardware adalah perangkat keras yang ada dikomputer atau salah satu komponen komputer yang bersifat ada dan timbul atau bisa di rasakan dan berbentuk nyata. Hardware juga dapat membantu kinerja komputer yang secara langsung. Contoh dari hardware ini seperti CPU, Memory, Input Devices, Output Devices. Hardware sendiri memiliki fungsi sebagai :

1. input divice (unit masukan)

2. Process device (unit Pemrosesan)

3. Output device (unit keluaran)

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

5. Periferal ( unit tambahan)

CPU sendiri sering kita sebut dengan processor atau sering kita sebut dengan otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. CPU memiliki komponen seperti:

1.      Processor

2.      Memory

3.      Adapter Card : Sound Card, Modem, Video, dan Network

4.      Ports

5.      Drive Bays

6.      Power Supply

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Motherboard memiliki beberapa komponen contohnya seperti Adapter Card, Processor, Chips, dan Memory Chip.

Ada juga Microprocessor yang berguna untuk mengambil, memproses, di outputkan data. Bagian-bagian dari microprocessor adalah:

1.      Control Unit , bagian ini berfungsi sebagai pengakses instruksi program.

2.      Arithmetik-logik-unit, bagian ini berfungsi sebagai penghitungan data.

3.      Register , dibagian ini adalah proses penyimpanan data yang berkecepatan tinggi. Atau bisa juga penyimpanan data tapi letaknya lebih dekat lagi ke CPU.

4.      Primary Storage

Primary storage dan secondary storage berguna untuk penyimpanan data sebelum dan sesudah intruksi. Tetapi ada keunggulan yang ada pada Primary storage, Primary ini lebih cepat dan lebih bagus aksesnya karena posisi dari primary ini lebih dekat dengan CPU. Dalam CPU ini juga terdapat Main Memory atau sering juga kita sebut RAM / HARDISK yang mempunyai  sebuah tujuan atau alamat, gunanya untuk mempermudah kerja CPU.

Type dari Primary Storage bersifat Volatile yaitu jika suatu komputer tiba-tiba mati, data yang kita sedang buat akan hilang.

  • Register : Bagian dari CPU, Sangat Cepat, dan berkapasitas terbatas.
  • RAM : chip memory yang terdapat pada Motherboard
  • Cache Memory : Lebih cepat dari pada RAM.
  • ROM : Penyimpanan bios.

Dan Secondary Storage bersifat Non Volatile yaitu balikan dari pada Primary Storage, jika mati data tak hilang dan lebih murah.

  • Lebih lambat dari pada primary
  • Mempunyai kapasitas storage lebih besar
  • Magnetik dan Optik Media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php