rescue blogs

INFORMASI DIDALAM LINGKUNGAN BISNIS DAN PERUSAHAAN

Posted: September 9th 2012

INFORMASI DIDALAM LINGKUNGAN BISNIS DAN PERUSAHAAN

            Dalam lingkungan bisnis dan perusahaan sangatlah penting kita mengenal yang namanya informasi. Banyak sekali bagian-bagian informasi yang masuk dalam kalangan bisnis dan perusahaan. Didalam perbisnisan informasi sangatlah penting perannya, selain untuk mendukung kerja atau proses dalam perbisnisan bnyak lagi hal-hal yang dapat memajukan aktiftas bisnis yang efektif.  Infrastruktur  teknologi informasi telah menjadi unggulan atau alat yang ampuh bagi perusahaan untuk bersaing dalam dunia perbisnisan. infrastruktur informasi sebagai kebutuhan strategi merupakan kunci yang memungkinkan penerapan dari system inovasi, mengurangi biaya, dan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat dalam menjalani bisnis didalam perusahaan atau pun diluar itu.

Arsitektur Informasi adalah suatu ilmu yang mengatur atau menyusun struktur dan mengklasifikasikan suatu organisasi. Arsitektur juga bisa disebut dengan perancangan kebutuhan-kebutuhan yang didalam suatu organisasi atau semacam perusahaan. Tujuan adanya arsitektur ini agar kebutuhan bisnis yang ada didalam perusahaan bisa terkordinir dengan baik. Arsitektur informasi dalam perusahaan menjadi acuan yang penting dalam membuat keputusan investasi jangka panjang yang tepat guna dengan mempertimbangkan serta memperbaiki kebutuhan dan kepentingan perusahaan secara menyeluruh.

Tipe sistem informasi:

a. Transaksi Proses Sistem

Transaksi ini adalah suatu alat yang dapat membantu menyimpan, memproses data dan melakukan bisnis sederhana.

b. Manajemen Sistem Informasi

Manajemen ini adalah  bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akutansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi produk.

Bagian dari sistem ini adalah :

  1. Acces
  2. Organize
  3. Sumnarize
  4. Display Information

c. Decision Support system

Sistem ini adalah suatu bentuk dari sistem informasi manajemen yang secara khusus dibuat untuk mendukung perencana dalam pengambilan keputusan. Di bagian ini ada dua bagian sistem yaitu:

  1. Executive Information System: sistem ini berada di level atas
  2. Group System System: membantu orang untuk mengambil sebuah keputusan.

d. Intelligent system

Intelligent ini adalah sistem yang dirancang untuk membantu managemen perusahaan atau pembisnis didalam menjalankan organisasinya dengan cara system berpikir seperti halnya manusia dimana system dapat menganalisa suatu masalah dan dapat dijadikan suatu pembelajaran untuk kedepannya.

e. End-user computer

End-user ini adalah pengguna langsung pada sistem orang menggunkan hasil proses sistem

f. Knowledge Management System

Sistem ini adalah hasil dari suatu pekerjaan yang dinilai atau diukur Kuantitatif dan Kualitatif.

g. Data Warehouse

Data ini adalah gudang data yang tersimpan dalam data base. Gudang ini juga menyimpan data yang tidak terpakai atau data lama yang tidak berguna.

Hal yang lain ada juga Mobile Computing ini adalah proses computasi yang dilakukan dimana saja atau berpindah-pindah. Setiap organisasi memiliki suatu sistem yang berbeda-beda dan mempunyai support dari seseorang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php