mr_one

PTI Minggu ke_11

Posted: November 19th 2012

BAB 10.

ELECTRONIC COMMERCE

1. Sejarah

E-commerce digunakan sejak awal tahun 1970. Pada saat itu, penggunaan internet hanya sebatas pada perusahaan besar dengan memanfaatkan e-commerce sebagai suatu media untuk mrnagadakan join dengan perusahaan lain. Saat itupun hanya ada pemrograman internet.

Contoh e-commerce pada saat ini adalah kaskus, toko bagus, dan masih banyak yang lainnya.

2. Pengertian E-commerce

E-commerce adalah proses dari jual beli, pertukaran barang-jasa dan informasi melalui media yang disebut internet.

Sudut pandang dari e-commerce antara lain meliputi komunikasi, proses bisnis, layanan, online, kolaborasi, dan komunitas yang ada.

3. Proses Kerja

Pada masa lalu, bisnis dikerjakan secara fisik dengan menggunakan bantuan  makelar atau agen untuk menjualkan barang dan jasa yang ada.

Namun sekarang, bisnis dikerjakan secara spiritual (murni), jadi hanya menggunakan  media online. Contohnya Amazon.

Di negara kita Indonesia, bisnis dikerjakan secara hybrid. Maksudnya adalah penjualan secara online (online store) namun secara fisik tokonya pun ada. Oleh karena itu, proses pembayaran dapa melalui online ataupun secara fisik yaitu dengan konfirmasi melalui SMS atau dengan credit card.

4. E-business

E-business merupakan perluasan dari e-commerce yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang saja tetapi juga meliputi layanan konsumen, kolaborasi bisnis, dan transaksi yang dilakukan.

  1. 5. Tipe E-commerce

    1. B2B → perusahaan dengan perusahaan. Contoh: DELL dengan supliernya.
    2. C-commerce → contoh: Amazon yang menjual barang dari perusahaan atau toko lain.
    3. B2C → seller menjual ke konsumen. Contoh: segala situs jaul beli yang ada di internet.
    4. C2B → konsumen menjual barang ke seller. Contoh: e-Bay.
    5. C2C → konsumen ke konsumen. Contoh: kaskus.
    6. Intraorganitional → antarorganisasi yang ada.
    7. G2C → oleh pemerintahan.
    8. M-commerce → kegiatan bisnis melalui HP. Contoh: m-banking.

6. E-market Places

Pasar adalah suatu media yang memfasilitasi setiap pertukaran informasi, barang, jasa, dan pembayaran.

  1. 7. IOS vs. E-market

    1. IOS → lebih memprioritaskan pada  apa yang dipertukarkan atau diperjualbelikan.
    2. E-market → lebih memprioritaskan pada proses pertukaran yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php