mr_one

PTI Minggu ke-9

Posted: November 11th 2012

BAB 8

INTERNET, INTRANET, EXTRANET

Anda semua pasti tahu apa itu internet. Internet adalah suatu jaringan computer terbesar di dunia yang menyediakan berbagai macam layanan, seperti; e-mail, web,file transfer dll.Di zaman ini, hampir seluruh orang di dunia menggunakan internet untuk bisa mengakses data dari berbagai belahan dunia dan untuk berbagai macam keperluan.Namun, apabila jaringan yang menghubungkan antara computer satu dengan lainnya ini terputus, makakita tidak dapat mengakses data dari luar atau meskipun bisa namun akan masih ada gangguan dalam akses.

Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama ‘physical network backbone internet’.Infrastruktur internet menyediakan layanan jaringan koneksi dan aliran informasi antara backbone provider yang bersifat terbuka dan gratis. Di masa depan, diasumsikan bahwa internet akan berkamuflase menjadi lebih cepat dalam berbagai tujuan pembelajaran, ‘limited devoted exclusivily’.

Cara kerja internet, yaitusbb:

  1. Aliran informasi antar computer diatur dalam aturan (protocol).
  2. Internet merupakan paket switching network.
  3. Setiap computer diidentifikasikan dengan IP address.
  4. Sebagian besar computer memiliki nama domain (US) untuk menggantikan IP address karena user-nya yaitu manusia memiliki daya ingat yang terbatas dalam menghafal sesuatu.

Namun dunia, teknologi dan manusia selalu berkembang menciptakan hal-hal baru.Oleh karenanya, internet pun juga memiliki berbagai tantangan, antara lain;

  1. Teknologi baru yang semakin berkembang.
  2. Regulasi internet yang semakin baik.
  3. Ekspansi internet yang semakin mempengaruhi keefektifan internet.

Intranet  merupakan jaringan internal yang menggunakan teknologi internet.Contohnya UAJY yang menggunakan intranet dengan adanya berbagai aturan (protocol). Dalam intranet, keamanan adalah suatu komponen terpenting yang harus dijalankan.

Sedangkan Ekstranet adalah semacam jaringan yang memungkinkan pihak luar mengakses data dalam suatu perusahaan selama data tersebut masih diperbolehkan untuk diakses. Ekstranet ini merupakan perluasan dari internet. Intranet dan ekstranet ini merupakan salah satu WWW (World Wide Web) yang mempunyai peran penting dalam suatu perusahaan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php