mr_one

PTI Minggu ke-8

Posted: November 4th 2012

BAB. 7

TELEKOMUNIKASI DAN NETWORK

Pada bab ini, kita akan membahas mengenai ‘Telekomunikasi dan Network’. Komunikasi adalah proses dimana dua atau lebih  device komputer saling mengirimkan data, instruksi, dan informasi. Sistem telekomunikasi ini tidak terpisah dari komponen-komponen hardware dan software komputer. Komunikasi ini juga sangat erat hubungannya dengan Network.

            Network adalah kerjasama komunikasi antara device, media dan software yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Ada 2 jenis Network, yaitu LAN dan WAN.

         LAN (Local Area Network) adalah network yang hanya melingkupi lokal area dimana network itu tersedia dan hanya bisa digunakan apabila pengguna berada di area network tersebut. Contohnya network di suatu perusahaan dan rumah. Media yang biasa dipakai untuk menghubungkan LAN yaitu via ‘bridges’  atau media eksternal via ‘gateways’.

Sedangkan WAN (Wide Area Network) adalah network yang mencakup wilayah yang sangat luas di permukaan bumi. Contohnya internet yang sering kita gunakan hampir setiap hari. WAN dihubungkan dihubungkan dengan suatu media yaitu VAN (Value-Added Network) atau dengan VPN (Virtual Private Network).

Intinya bahwa telekomunikasi dan network adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia bisnis. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan besar yang menangani berbagai permaslahan bisnis menggunakan Network untuk berkomunikasi atau menjalimn hubungan kerjasama dengan perusahaan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php