mr_one

PTI Minggu ke-3

Posted: September 23rd 2012

BAB 2

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM ORGANISASI MODERN

 

      Fudamental Konsep

  1. Informasi Infrastruktur

Mendefisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi.

  1. Informasi Arsitektur
  • Tingkat tinggi rencana yang detail.
  • Organisasi informasi persyaratan.
  • Cara persyaratan telah dipenuhi.

      Sistem Informasi (IS)

Sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu (Tuban and Rainer, 2003)

      Jenis IS

1)      Transaksi Sistem Pengolahan
  • Dukungan/ melakukan/ mengotomatisasi kegiatan bisnis rutin.
  • Mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data transaksi bisnis datar.
  • Menyediakan data dasar bagi sistem lain.
  • Kompleks dan canggih.
  • Penting.
2)      Manajemen IS
  • Dukungan rutin pengambilan keputusan.
  • Akses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi.
  • Menekankan laporan penting tentang isu yang diketahui dan diantisipasi.
  • Menjawab pertanyaan dan tren perkiraan.
3)      Kantor Otomasi Sistem

Seperti sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung kantor dan pekerja administrasi.

4)      Sistem Pendukung Keputusan

Dukungan kompleks, non-rutin pengambil keputusan manajerial.

IS Eksekutif → dukungan tinggi tingkat manajer.

Kelompok Dukungan Sistem → menggunakan Groupware untuk kerja kelompok.

5)      Dukungan Sistem Cerdas (ISSS)

Sistem yang memberikan pengetahuan untuk non-ahli, dan tipe baru sistem cerdas dengan kemampuan yang bisa belajar dari kasus sejarah.

6)      End-User Computing

Penggunaan/ pengembangan IS oleh pengguna dari output system, seperti analis, manajer, dan profesional lain.

7)      Sistem Pengetahuan Manajemen

Menciptakan, mengumpulkan, mengatur, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan dari organisasi.

8)      Data Warehousing

Sebuah data warehouse adalah database yang dirancang untuk mendukung DSS, kegiatan analisis dan pengguna akhir ESS.

9)      Mobile Computing

IS yang mendukung karyawan dan pelanggan mitra bisnis diluar batas fisik perusahaan mereka, dapat melalui jalur nirkabel atau nirkabel jaringan.

      Bagaimana IS Mendukung Organisasi

  1. Mempertimbangkan bagaimana organisasi terstruktur:
  • Biasanya oleh departemen fungsional
  • Sering dalam hirarki
  • Oleh proyek atau dalam struktur matriks
  1. Klasifikasi paling umum:
  • Klasifikasi dukungan
  • Klasifikasi menurut tingkat organisasi

      Aplikasi

Adalah sistem yang dikembangkan untuk tujuan tertentu.

Aplikasi dan sistem dapat mendukung:

  1. Individu/ tim
  2. Departemen
  3. Divisi/ unit
  4. Seluruh perusahaan

      IS dukungan oleh orang tergantung pada peran mereka dalam organisasi:

  1. Manajer atas membuat keputusan strategis
  2. Manajer menengah membuat keputusan taktis
  3. Manajer lini membuat keputusan operasi
  4. Pegawai pengetahuan membuat dan mengintegrasikan pengetahuan
  5. Pegawai administrasi menggunakan dan memanipulasi informasi

      Peran Departemen IS

  1. Pergeseran teknis untuk orientasi manajerial.
  2. Meningkatkan fokus dan menambahkan nilai strategis bagi organisasi
  3. IS ditantang untuk menambah nilai strategis, manajemen IS menjadi lebih kompleks.
  4. Information Officer (CIO) kepala IS di banyak organisasi.

      Kesimpulan

  1. Informasi infrastruktur terdiri dari semua fasilitas, layanan, dan manajemen yang mendukung semua sumber daya komputasi.
  2. IS dikelompokkan berdasarkan jenis (TPS, MIS, support, cerdas).
  3.  IS dirancang untuk mendukung struktur organisasi.
  4.  Pengelolaan sumber daya IS adalah tanggung jawab bersama IS pengguna Dept dan akhir.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

PTI Minggu ke-4

Go to post

PTI Minggu ke-5

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php