renestiana's

9th week: Functional, Enterprise, and Interorganizational Systems

Posted: November 18th 2012

Sistem Informasi Fungsional adalah suatu fungsi sistem yang dapat mengintegrasikan suatu departemen dan lintas departemen untuk mendukung proses bisnis yang luas. Sistem Informasi Fungsional memiliki karakteristik yang terdiri dari beberapa sistem informasi yang kecil dan lebih difokuskan pada kegiatan-kegiatan khusus. Karakteristik lainnya adalah memiliki spesifikasi aplikasi sistem informasi yang benar-benar independen atau terintegrasi untuk membuat suatu system fungsional yang saling berhubungan.

Sistem Informasi Manajemen  berfungsi untuk menyediakan informasi manajemen dan menggunakan data dari Transaction Processing System sebagai data dasar. Sistem ini memiliki fungsi sebagai penyedia informasi harian bagi manajemen yang fungsinya adalah sebagai report data.

Transaction Processing Systems (TPS) dirancang untuk merekam dan menyimpan data yang menjelaskan setiap peristiwa bisnis yang terjadi. TPS memiliki beberapa tugas, diantaranya memproses order, sebagai general ledger, mengelola hutang piutang, memanagement daftar-daftar barang, serta laporan dan pernyataan berkala. Transaction Processing System memiliki beberapa metode yaitu, data disimpan dan diproses secara manual, dan juga data hanya disimpan didalam timerecords dan tidak diproses. Secara tradisional, TPS yang diterapkan pada sistem mainframe menggunakan batch processing.

Decision Suport System adalah suatu sistem yang membantu manajer melakukan pengambilan keputusan. Dengan sistem ini user dapat berinteraksi langsung dengan sistem.

Interorganizational Information System adalah suatu sistem elektronik yang berisi beragam informasi yang melingkup antara beberapa organisasi yang terhubung.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php