renestiana's

8th week: The Internet, Intranets, and Extranets

Posted: November 11th 2012

Pada pertemuan ke-8 kali ini kita akan membahas mengenai Internet, Intranet, dan Ekstranet. Internet adalah suatu jaringan komputer terbesar yang ada di dunia, dengan pengguna di semua benua. Dengan adanya internet, pertukaran informasi menjadi lebih mudah. Layanan internet yang tersedia antara lain seperti E-mail, Web, File transfer, Chat, Message board, dan Instant messaging dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah apabila komputer menggunakan standart dan protokol yang terbuka, tidak eklusif, dan dalam jaringan saling berhubungan. Cara mengakses Internet tentu beragam antara lain:

  • Terhubung dengan LAN Server
  • Terhubung dengan Internet Protocol Serial Jalur Protokol/ Point (SLIP/PPP)
  • Terhubung dengan Layanan Online (AOL, MSN)

Internet tentu berbeda dengan Intranet. Intranet merupakan sebuah jaringn pribadi yang menggunakan perangkat lunak internet dan protocol TCP/IP. Fungsi dari Intranet adalah untuk menyediakan akses yang mudah bagi karyawan untuk memperoleh informasi tentang perusahaan.

Lain halnya dengan Extranet. Extranet mengijinkan konsumen atau suplier untuk mengakases sebagian dari intranet perusahaan. Extranet merupakan perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners. Hal ini dilakukan untuk memberikan akses mudah pada informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php