renestiana's

7th week: Telecommunication and Networks

Posted: November 4th 2012

Computer communication adalah proses dua atau lebih komputer atau peralatan yang  saling mengirim data, instruksi, dan informasi. Komponen-komponen dari suatu sistem telekomunikasi antara lain seperti hardware, media, jaringan, software, data communication providers, protocols, dan aplikasi. Sedangkan dalam bidang transmisi dan penerimaan data digunakan beberapa perangkat hardware sebagai berikut yaitu modem, multiplex, dan front-end processor. Modem merupakan perangkat yang mengubah sinyal analog menjadi digital (atau sebaliknya) dan biasanya memungkinkan transmisi yang dilakukan melalui sistem telepon. Sedangkan multiplex merupakan perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal. Dan front-end processor merupakan suatu komputer khusus yang didedikasikan untuk mengelola data komunikasi. Transmisi data umumnya dilakukan dengan menggunkan media kabel yang beragam. Mulai dari twister-pair wire atau yang biasa kita sebut dengan kabel UTP,  coaxial cable, fiber optic cable, microwave,   satelit, radio, dan infrared. Masing-masing piranti diatas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Layanan telekomunikasi menyediakan teknologi telekomunikasi dan pelayanan komunikasi data.  Layanan telekomunikasi meliputi:

  • switched lines yaitu transmisi diarahkan secara khusus mengikuti rute yang ditentukan ke arah yang dituju.
  • dedicated lines yaitu koneksi yang dilakukan secara terus menerus
  •  wide area telecomm services (WATS) yaitu pelayanan telepon jarak jauh yang lebih murah.
  • Integrated Services Digital Network (ISDN) yaitu transmisi data berkecepatan tinggi melalui saluran telepon yang tersedia.
  • Digital Subscriber Lines (DSL) – transmisi digital berkecepatan tinggi melalui saluran telepon yang ada.
  • Tmnet-Streamix

Kemudian kita akan membahas jaringan. Jaringan merupakan pernagkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Macam-macam jaringan antara lain LAN (meliputi wilayah yang sempit, biasanya hanya dalam satu instansi) dan WAN (meliputi wilayah geografis yang sangat luas, contohnya seperti internet).

Manajer Sistem Informasi tidak hanya bertugas untuk mengelola suatu sistem database dengan baik tetapi juga mengelola bagaimana agar suatu jaringan memiliki waktu respon yang baik serta ketersediaan dari jaringan itu sendiri. Pengolahan terdistribusi memungkinkan komputer di berbagai lokasi untuk saling berkomunikasi melalui link telekomunikasi. Bentuk-bentuk dari jaringan antara lain seperti client-server processing dan peer to peer processing. Jaringan memiliki sejumlah fungsi seperti memeriksa kesalahan, memformat pesan , menjaga log , komunikasi, memastikan keamanan data dan privasi, dan menyediakan layanan terjemahan pesan.

Bentuk-bentuk dari aplikasi telekomunikasi antara lain seperti e-mail, videoconferencing, electronic data, electronic funds transfer, facsimilies, telecommuting, distance learning, dan telematics.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php