renestiana's

5th week: Computer Software

Posted: September 30th 2012

Komputer terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu perangkat keras komputer atau biasa disebut dengan Hardware dan perangkat lunak atau yang biasa disebut dengan Software.  Apabila pada minggu sebelumnya kita telah membahas tentang hardware, kali ini kita akan membahas tentang software. Software merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah hardware. Tanpa adanya software, perangkat komputer tentu tidak mampu berjalan dengan baik. Software merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan suatu komputer dengan pengguna agar dapat mengontrol / meberi perintah kepada perangkat keras sehingga nantinya mampu menghasilkan suatu Informasi. Software sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Sistem software dan Software Aplikasi.

Sistem Software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware berjalan sebagai mana mestinya, atau dengan kata lain menyajikan interface antara hardware dan aplikasi software. Fungsi sistem software sendiri antara lain seperti mengontrol dan mendukung aktivitas dari sistem komputer, mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar komputer, memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging.  Sistem software ini sendiri masih terbagi lagi menjadi dua, yaitu sistem control program dan sistem support program. Sistem control program berfungsi untuk mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem, sedangkan sistem support program mendukung operasi, manajemen, dan pengguna dari sistem komputer. Contoh dari sistem software yang paling mudah ditemukan yaitu, sistem operasi (OS). Sistem operasi merupakan suatu sistem yang mengawasi kesluruhan operasi pada komputer, mengalokasikan CPU time dan main memory untuk program yang sedang dijalankan di komputer, dan menyediakan user interface. Sistem operasi terbagi menjadi beberapa tipe antara lain major desktop operating system, departmental server operating system, dan enterprise operating system. Berikut merupakan beberapa contoh dari sistem operasi, antara lain seperti MS-DOS, Windows XP, Linux Ubuntu, Macintosh OS, Novell Netware, IBM’s OS/390, dan masih banyak lagi.

Sedangkan aplikasi software merupakan program yang menjalankan aktivitas pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna. Tipe-tipe dari software aplikasi antara lain proprietary application software dan off-the-shelf application software. Proprietary application software mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik dari suatu perusahaan, salah satu contoh yaitu SAP. Sedangkan off-the-shelf application software merupakan personal aplikasi yang mana biasanya lebih mengarah pada program aplikasi yang umum / banyak digunakan, bisa dalam bentuk paket yang standar atau customizable.

Software seperti yang telah disebutkan diatas tentu tidak dirancang dengan bahasa seperti pada umumnya melainkan dengan menggunakan bahasa khusus yaitu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman beraneka ragam antara lain mulai dari yang paling sederhana (bahasa mesin –> 0,1) hingga bahasa yang paling rumit seperti C++, Visual Basic, Java, Pascal, Delphi, SQL, PHP dan masih banyak lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php