renestiana's

2nd week: Business and Information Technology

Posted: September 13th 2012

Pengaruh globalisasi dewasa ini, benar-benar mempengaruhi segala sektor kehidupan. Salah satunya adalah dunia bisnis. Kondisi dunia bisnis masa kini mulai mengalami perubahan-perubahan karakteristik. Pertama, adanya perubahan demi perubahan yang terjadi sangat cepat. Sebagai contoh, perubahan orientasi dari product orientation menjadi costumer orientation, persaingan global yang tinggi, perubahan selera pasar dan lain sebagainya. Disamping itu berbagai macam permasalahan ekonomi bisnis yang semakin kompleks, serta kondisi ekonomi global yang kian marak dengan perdagangan bebasnya juga membuat dunia bisnis harus mampu mempertahankan eksistensinya dan berkembang lebih baik lagi mengikuti perkembangan zaman. Secara otomatis, para pelaku bisnis dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi yang berubah-ubah secara cepat tersebut. Namun banyaknya pressures yang dihadapi dunia bisnis tidak sebanding dengan jumlah SDM yang tersedia. Tekanan-tekanan itu antara lain seperti persaingan global dalam dunia perdagangan dan tenaga kerja; real time operations bagi dunia telekomunikasi, transportasi, dan lainnya; dan masih banyak lagi lainnya. Oleh karena itu, Teknologi Informasi hadir menjadi satu-satunya solusi yang tepat bagi permasalahan diatas.

Mengapa IT menjadi satu-satunya solusi yang tepat bagi permasalahan dalam dunia bisnis? Karena IT menawarkan berbagai macam kemudahan-kemudahan yang tenunya semakin menguntungkan bagi dunia bisnis. Dengan IT segala pekerjaan, transaksi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya dapat diselesaikan dengan lebih efisien, baik dari segi waktu maupun hasil yang dicapai pun menjadi jauh lebih maksimal. Dalam suatu orgainasisi pun. Dalam suatu tingkat organisasi contohnya, IT tidak hanya berperan sebagai pendukung dalam suatu kegiatan bisnis tapi juga mampu memberikan dampak bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya, serta dalam proses manajemen dan strategi suatu organisasi. Disisi lain IT juga memberikan peluang kerja yang sangat luas bagi para pekerja yang memiliki keahlian khusus di bidang IT. Dari beberapa contoh diatas dapat kita lihat beberapa keuntungan dari penggunaan IT seperti peningkatan efisiensi kerja dan juga dalam hal pengaturan sumber daya manusia (tenaga kerja).

Lalu apakah sebenarnya IT itu? IT is abbreviation of Information and Technology, yang mana dalam arti sempit memiliki arti suatu komponen teknologi sistem informasi. (Turban, MacLean, Whetherbe, 2004). Sedangkan sistem informasi (IS) itu sendiri adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. (Turban & Rainer, 2003). Dalam IT itu sendiri terdapat berbgai macam komponen-komponen lainnya, antara lain:

  • Input : perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau memberi perintah kepada komputer.
  • Sistem unit : kotak berisi komponen-komponen elektronik yang berguna untuk memproses data
  • Output : perangkat keras yang digunakan unuk menyajikan informasi kepada pengguna
  • Media penyimpanan/storage : media penyimpanan data-data yang dapat digunakan kembali untuk keperluan di masa mendatang
  • Jaringan/network : serangkaian komputer dan alat komunikasi lainnya yang saling terhubung

Dengan komponen-komponen pendukung diatas, IT dapat dimanfaatkan dengan baik dan pada akhirnya akan menghasilkan informasi-informasi yang berguna bagi para penggunanya (user). Namun demikian informasi-informasi tersebut layak disebut sebagai informasi yang baik dan dapat berguna bagi para user apabila memenuhi kriteria berikut ini:

  • akurat
  • lengkap
  • fleksibel
  • handal
  • relevan
  • tepat waktu
  • dapat diverifikasi
  • dapat dan mudah diakses
  • aman

Setelah melihat penjabaran diatas, dunia bisnis sendiri memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap IT yang telah mereka gunakan, antara lain mampu memproses tiap-tiap transaksi bisnis dengan cepat dan akurat, analisis dan transaksi data untuk peningkatan komunikasi, menjangkau batas-batas organisasi, mendukung dan meningkatkan pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.

Dengan demikian dapat kita lihat begitu besar peran IT sendiri dalam dunia bisnis termasuk dampaknya bagi para pelaku-pelaku bisnis.

Sekian review untuk minggu pertama 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php