Rei's Blogg

E-Commerce

Posted: October 30th 2012

E-Commerce

       E-commerce adalah cara transkasksi yang modern ini sering dipergunakan oleh banyak orang. E-commerce memanfaatkan jaringan internet untuk bertransaksi, bertukar jasa, layanan, service dan masih banyak lagi. Dengan E-commerce, transaksi menjadi lebih mudah. E-commerce merupakan bagian kecil dari e-business.

Sejarah

Awalnya, e-commerce mulai muncul pada tahun 1970. Pada jaman itu, masih dipergunakan telegram  dan fax, dan baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990. Berbentuk Electronic Fund Transfer (EFT), dan Electronic Data Interchange(EDI).

Sekarang, e-commerce sudah sering digunakan untuk sarana iklan, home banking, berbelanja online, mencari pekerjaan, sampai memberikan pelayanan kepada customer. Contohya, melalui Facebook, banyak orang yang membuka online shop atau sejenisnya. Dapat kita lihat bahwa e-commerce bukan hanya dimafaat untuk jual beli , tetapi juga dapat digunakan sebagia sarana transaksi kegiatan lainnya.

Macam-Macam E-Commerce

  1.  Traditional Commerce(Konvensional)
    Traditional commerce adalah system transaksi yang sering digunakan pada jaman dahulu. Semua kegiatan transaksi masih dilakukan secara fisik.
  2. Pure E-Commerce
    Pure E-Commerce/murni EC, berarti seluruh kegiatan transaksi dilakukan secara online. Perusahaan yang menggunakan pure e-commerce biasanya tidka memilikin kantor ‘fisik’. Adapun yang mempunyai kantor, kantornya hanya digunakan untuk mengatur akses online, bukan menjadi sarana transaksi.
  3.  Partial Commerce

Partial commerce/campuran, berarti menggunakan e-commerce, tetapi juga mempunyai transaksi fisik. Jadi sebenarnya lebih terfokus pada transaksi langsung, tetapi, mereka juga menyediakan jasa transaksi online untuk mempermudha menjangkau pelanggan.

Tipe-tipe E-Commerce.

 

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness /intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C)
  • Mobile commerce (m-commerce)

Electronic MarketPLace

Electronic Marketplace, atau e-marketplace adalah tempat/lahan pada internet yang dimiliki oleh perusahaan/badan/orang yang memungkinkan perusahaan lain atau orag lain untuk mendapatkan pembeli, supplier, yan mengikuti perkembangan internet. Jadi membuat proses penawaran, pembayaran, dan pengiriman barang lebih mudah dan efektif.

Contoh e-marketplace adalah : eBay, NASDAQ, Covisint.

Dan marketplace yang ada di Indonesia : Tokobagus.com, plasa.com, tokopedia.com.

Hal-hal Yang Dibutuhkan E-Commerce.

  1. 1.  Infrastruktur
    Seperti perusahaan lain, e-commerce juga membutuhkan infrastruktur informasi, yaitu hardware, software, dan jaringan internet untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan bekerja sama.

 

  1. 2.  Mekanisme Pembayaran (e-payment)
    a. Micropayment
        Sering disebut juga sebagai Microtransaction merupakan transaksi dalam
    jumlah kecil, misalnya untuk mengakses grafik, game maupun informasi.
    b. E-Wallet
    E-Wallet yaitu pembayaran dengan menyimpan nomor kartu kredit ke hardisk
    dalam kondisi terenskripsi dengan aman. Pembelian dilakukan pada situs web yang mendukung e-wallet. e-wallet memiliki dua bentuk, pertama adalah kartu khusus dengan chip RFIDom (Radio Frequency Indentification Device) yang nantinya bisa dipindai/discan di merchant untuk melakukan transaksi secara offline. Sedangkan bentuk keduanya adalah memanfaatkan transaksi online melalui pesan singkat (SMS) dengan dukungan teknologi USSD (Unstructured Suplementary Service Data).
    c. E-Cash
    E-cash sering disebut juga dengan digital cash. Sama seperti uang pada umumnya, tetapi e-cash dilakukan secara digital, atau semacam uang maya.
    d. Credit Card
         Credit card adalah sarana untuk berbelanja yang memungkinkan penundaan pembayaran atas pembelian barang atau jasa. Pembayaran melalui credit card dilakukan dengan jangka waktu.
    e. Smart Card
        Smard Card sering disebut sebagai chip card atau integrated circuit (IC) card . Definisi chip card sendiri yaitu kategori umum yang mencakup smart card dan memory card . Smart card adalah plastic card yang mengandung memory chip dan microprocessor. Jadi, cara menggunakannya hanya dengan menempelkan kartu tersebut.3.  Security
    Setiap ‘penyedia jasa’ e-commerce memiliki security masing-masing. Beberapa penyedia jasa e-commerce menggunakan encrypt tertentu.

Contoh langkah tranksaksi online:
saya akan memberi contoh tentang transaksi barang online lewat Facebook:
1. pertama, penjual barang akan mempublkasikan barang yang akan iajual.
2. Kemudian, pembeli yang tertarik akan bertanya atau memberi komentar terhadap barang yang akan ia beli.
3. lalu, pembeli dan pennjual akan membuat kesepakatan tentang cara transaksi. barang dikirim lalu uang di transfer, atau uang ditransfer lalu barang baru dikirim.
4, Setelah terjadi kesepakatan, maka pembeli dan penjual akan negosiasi harga.
5. Setelah itu, pembeli akan mentransfer uang, dan penjual akan mengiirm barang yang dipesan.
6. Biasanya, pembeli akan mmengirim testimoni atau komentar tentang barang yng sudah ia dapat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php