Rei's Blogg

Network and Telecommunication

Posted: October 6th 2012

Telecomunication and Network

Computer Network ??

Computer Network adalah sistem yang menghubungkan beberapa/banyak komputer melalui media komunikasi, jadi data dapat di transmisikan/dishare antar komputer. Computer Network sangat dibutuhkan untuk organisasi sekarang, pertama, komputer yang sudah menggunakan Network membuat suatu organisasi menjadi lebih fleksibel, jadi mereka dapat menyesuaikan keadaan dengan perubahan bisnis yang sangat cepat. Selain itu, Computer Networking juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi hardware, aplikasi, dan data di dalam suatu organisasi. Dan yang terakhir, networking memungkinkan organisasi untuk membagikan data antar negara, bahkan antar benua.

Ada beberapa tipe computer network bedasarkan luas/cakupan geografisnya, yaitu LAN (Local Are Network) yang merupakan network skala kecil, WAN(Wide Area Network) yang dapat menjangkau antar benua, dan Internet yang merupakan network terbesar yang mencakup seluruh dunia.

  1. 1.      LAN
    LAN dapat mengkoneksikan dua atau lebih perangkat di suatu lokasi yang terbatas. Biasanya, LAN digunakan di dalam gedung/banngunan, jadi setiap perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain dalam jangkauan tersebut. LAN terdiri dari komponen-komponen berikut
    – File Server
    – Beberapa Client Machine, yang disebut ‘nodes’
    – Media dengan atau tanpa kabel
    – Network Interface Card
    – Software yang mengontrol aktivitas LAN
    LAN memiliki beberapa topologi, tolopogi adalah cara-cara pemasangan jaringan, berikut maca-macam topollgi pada LAN.
    1. STAR
        (+) mudah digunakan, dan cepat
    (-) apabila sentral komunikasi rusak, maka semuanya juga tidak bekerja.
    2. BUS
    (+) mudah untuk memberikan node
    (-) apabila terlalu banyak Node, maka performa komputer sentral akan berkurang.
    3. RING
    (+) Dapat mengkover jarak yang lebih jauh, daripada tolpoogi yang lainnya.

    (-) Paling sulit membuat node daripada topologi yang lainnya.
Dalam sebuah LAN juga ada Gateway yang untuk mengoneksikan network yang berbeda, Router untuk eneruskan pesan dari beberapa LAN, dan Bridge, prosesor yang mengkoneksikan 2 network atau lebih.

  1. 2.      WAN
    Adalah network yang memiliki cakupan yang lebih besar dari LAN, WAN dapat mengjangkau antar negara- bahkan antar benua. WAN biasanya dipakai oleh perusahaan koomunikasi, seperti perusahaan telepon. WAN mempunyai kapasitas yang besar dan dpat mengkombinasikan berbagai channel.

Telecommunication System

Sistem Telekomunikasi terdiri dari hardware dan software yang mentransmisika informasi dari suatu lokasi, ke lokasi yang lain. Sistemnya sendiri dapat mengtransmisikan teks, data, grafik, suara, dokumen, dan video. Mereka dapat mentransmit informasi dalam dua bentuk sinyal, yaitu sinyal Analog, dan sinnyal Digital.

Sinyal Analog

Adalah sinyal kontinu yang mentransmisikan data dengan mengubah karakteristik dair gelombang tersebut.

Sinyal Digital

Sinyal diskrete merupakan sinyal yang terdiri dari angka 0 dan 1, sinyal ini dapat dengan mudha dipahami oleh komputer.

Macam-macam Prosesor Komunikasi

  1. 1.      Modem
                  Modem adalah suatu piranti komputer yang paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke internet, khususnya melalui saluran telpon. Modem singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator tersebut merupakan bagian yang bertugas mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang bertugas memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima tadi sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh reicever. 
  2. 2.      Multiplexer
                 multiplexer (atau mux) adalah perangkat yang memilih salah satu dari beberapa sinyal input analog atau digital dan meneruskan input yang dipilih dalam satu baris . Sebuah Multiplexer input 2n memiliki garis n pilih, yang digunakan untuk memilih yang baris masukan untuk dikirim ke output . multiplekser terutama digunakan untuk meningkatkan jumlah data yang dapat dikirim melalui jaringan dalam jumlah waktu tertentu dan bandwidth. sebuah multiplexer juga disebut pemilih data.Sebuah Multiplexer elektronik memungkinkan beberapa sinyal untuk berbagi satu perangkat atau sumber daya, misalnya satu A / D converter atau satu jalur komunikasi, daripada harus satu perangkat per sinyal input.

    Di sisi lain, demultiplexer (atau demux) adalah perangkat mengambil sinyal input tunggal dan memilih salah satu dari banyak-output data-baris, yang dihubungkan ke input tunggal. Multiplexer Sebuah sering digunakan dengan demultiplexer pelengkap di ujung penerima.

     

  3. 3.      Front End Processor
                   Front-End Processor melakukan lalu lintas komunikasi data yang masuk dan keluar. Kedua peralatan tersebut dapat berbeda jenis, konfigurasi yang umum adalah jenis khusus minicomputer yang berfungsi sebagai front-end processor dan mainframe sebagai host. 

Macam-macam Media Telekomunikasi.

  1. 1.      Coaxial Cable
                   Untuk menghubungkan peralatan radio dengan antenna, kita biasanya menggunakan kabel coax. Setiap kabel coax di rancang untuk mempunyai impedansi yang tertentu. Untuk peralatan WiFi, biasanya kita menggunakan kabel coax dengan impedansi 50 ohm. Jika impedansi-nya tidak 50 ohm maka sinyal akan terpantul balik ke pemancar yang kemungkinan akan membuat jebol pemancar. Oleh karena itu kita harus menggunakan kabel coax yang betul-betul match di 50 ohm kabel coaxial (atau coax pendeknya, berasal dari kata-kata “common axis”).

               Kabel coax memiliki kawat konduktor ditengahnya yang dikelilingi oleh material non-konduktif yang dinamakan dielektrik, atau insulator. Dielektrik ini kemudian dikelilingi oleh pembungkus yang sering kali terbuat dari kabel lilitan. Dielektrik mencegah tersambungnya konektor di tengah dan kabel pembungkus. Akhirnya, coax dilindungi oleh sebuah penutup luar yang pada umumnya terbuat dari bahan PVC. Konduktor bagian dalam membawa sinyal RF, and pelindung luar mencegah sinyal RF untuk meradiasi ke atmosfer, and juga mencegah sinyal luar dari mengganggu sinyal yang dibawa oleh pusat. Sebuah fakta menarik lainnya adalah sinyal frekuensi tinggi selalu berjalan pada lapisan luar konduktor: semakin besar konduktor di tengah, semakin baik sinyal akan mengalir. Hal ini dinamakan”efek kulit” atau “skin effect”.

 

  1. 2.      Twisted Pair Wire
                 Kabel Twisted pair (pasangan berpilin) adalah sebuah bentuk kabel di mana dua konduktor digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel unshielded twisted pair (UTP) cables, dan crosstalkdi antara pasangan kabel yang berdekatan. 
  2. 3.      Fiber Optics

               fiber optic atau serat optik adalah jenis kabel yang bahannya terbuat dari serat kaca dan mempunyai kecepatan tranfer data yang tinggi, kabel fiber optic atau serat optik umumnya digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP) untuk terhubung ke backbone NAP (Network Access Provider).  Pada komunikasi fiber optik, sinyal yang digunakan adalah dalam bentuk digital, sedangkan penyaluran sinyal melalui serat optik adalah dalam bentuk pulsa cahaya. Pulsa cahaya diperoleh dari proses memodulasi sinyal informasi dalam bentuk digital kedalam suatu komponen sumber optik. Proses ini terjadi pada arah kirim, sedangkan pada arah terima melalui detektor optik, pulsa cahaya diubah kembali dalam bentuk sinyal digital.
Bila jarak antara stasiun pengirim dengan stasiun penerima berjauhan, sinyal pulsa cahaya yang ditransmisikan akan mengalami proses pelemahan yang disebabkan adanya rugi-rugi yang timbul selama proses pengiriman sesuai dengan panjang dan jenis saluran optik yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut pulsa cahaya akan diregenerasikan sesuai dengan keadaan pada saat pengiriman. Proses ini terjadi pada stasiun pengulangan.

  1. 4.      Satelit
                 Satelite adalah alat elektronik yang mengorbit bumi yang mampu bertahan sendiri. Bisa diartikan sebagai repeater yang berfungsi untuk menerima signal gelombang microwave dari stasiun bumi, ditranslasikan frequensinya, kemudian diperkuat untuk dipancarkan kembali ke arah bumi sesuai dengan coveragenya yang merupakan lokasi stasiun bumi tujuan atau penerima. Dalam komunikasi GEO ( merupakan sistem komunikasi satelite yang paling banyak) posisi satelite adalah sekitar 36.000 km di atas bumi
               Pengaplikasian satelit pada khususnya telah digunakan oleh banyak organisasi. Pasar internasional telah dikuasai oleh Intelsat (International Teleommunication Satellite Organization). Intelsat adalah gabungan perusahaan satelit internasional. Perusahaan yang serupa dengan Intelsat adalah Comsat (Communications Satellite Corporation), namun Comsat dilengkapi dengan jangkauannya yang lebih luas. Ada pula Inmarsat (International Maritime Satellite Organization) yang menggunakan satelit untuk berkomunikasi dengan kapal-kapal yang sedang berada di laut, untuk pengeboran minyak, dan untuk mendeteksi daratan. 
  2. 5.      Radio
    Adalah pemancar yang dapat menjangkau daerah luas. Radio banyak digunakan oleh beberapa organisasi yang memiliki gedung lebih dari 1 tempat, dan tiap-tiap gedung memiliki jarak yang sangat jauh. Pentransimisian data melalui radio sendiri dilakukan melalui gelombang.
               Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) pada suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.
    Ketika gelombang radio dikirim melalui kabel kemudian dipancarkan oleh antena, osilasi dari medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan voltase di dalam kabel. Dari pancaran gelombang radio ini kemudian dapat diubah oleh radio penerima (pesawat radio) menjadi signal audio atau lainnya yang membawa siaran dan informasi. 
  3. 6.      Microwave
    Microwave atau gelombang pendek adalah gelombang elektromagnet yang memiliki panjang gelombang antara 1 mm (milimeter) samapi 1m (meter) yang berarti range frekuensinya antara 0,3 GHz (Giga Herz) sampai 300 GHz (Giga Herz).
    Aplikasi pemakaian microwave sangat banyak, diantaranya adalah untuk radar, GPS, pemanas oven, komunikasi televisi, radio wireless, komunikasi satelit, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php