Rei's Blogg

Managing Data and Information

Posted: October 2nd 2012

Managing Data And Information

                Dalam sebuah Sistem Informasi, terdapat banyak sekali data dan informasi, maka dari itu dibutuhkanlah pengatur data dan informasi tersebut.

Hierarki Data

Data terdiri dari files, files terdiri dari kumpulan record, record merupakan gabungan dari field-field, dan field merupakan kumpulan karakter yang berbagai macam. Field sering juga dapat digambarkan sebagai ‘kotak’ tempat kita memasukkan karakter. Karakter yang dapat kita masukkan ke field adalah: teksNumeric/angka, Auto Number/penomoran otomatis, Mata uang, Tanggal, Memo, Hyperlink, dan objek.

 

Database Management System.

Database Management system atau DBMS adalah program yang menggunakan beberapa tools untuk memasukkan, mengakses, dan menganalisa data yang disimpan pada suatu lokasi. Sebuah organisasi dapat mengakses data dengan memakai query yang sudah menjadi bagian dari DBMS, atau bisa juga dengan menggunakan program tertentu yang spesifik hanya untuk melihat data tersebut.

Terdapat banyak macam database management. Akan tetapi beberapa darinya hannya berguna untuk MIS dan tidak dipakai oleh oerganisasi masyarakat. Contoh DBMS yang populer adalah Microsoft Acces dan Oracle.

  • Query Language
                  Query language adalah bahasa yang meminta informasi dari suatu database. Structured Query Language(SQL) adalah bahasa query yang paling terkenal. SQL dapat melakukan pencarian yang rumit tetapi hanya dengan keyword yang sederhana.
    Sebagai contoh, apabila seornag pengajar akan melihat nilai anak didiknya yang sangat banyak, SQL akan menyediakan beberapa filter ,entah dari abjad, sampai dengan batas nilai.

Selain SQL, ada jug Query by Example (QBE). Dalam QBE, filternya menggunakan

Beberapa draft untuk membuar sample yang akan diggunakan untuk pencarian. QBE sedikit lebih simpel dibandingkan dengan SQL.

  • Data Dictionary
           Data dictionary berfungsi menyediakan nama-nama atribut yang digunakan untuk memasukkan data ke suatu Database. Data dictionary menyediakan informasi untuk setiap atribut, seperti nama, atau alphabet. Data dictionary juga dapar memberitahu kaan terakhir suatu data diupdate.
    Data Dictionary memerikan banyak keuntungan untuk organisasi, karena mereka menyediakan nama, dan definisi standar mengenai semluruh atribut, dan mereka juga mengurangi kemunginan akan adanya atribut yang sama yang dipakai pada aplikasi yang berbeda. Bukan hanya itu, Data Dictionary juga mempercepat pekerjaan programmer kareng mereka tidak perlu membuat nama yang baru untuk suatu data.
  • Normalisasi
    Normalisasi adalah metode untuk mengannalisa, mengurangi redundancy data. Ketika data sudah ternoralisasi, atribut pada setiap tabel akan berdasarkan atas primary key saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php