KSDL Buah

Potensi Buah Lokal

Posted: May 15th 2013

Buah lokal adalah buah yang varietas tanamannya asli Indonesia dan ditanam petani di Indonesia (1) dan buah yang varietas tanamannya dari negara lain namun ditanam petani di Indonesia (2). Dengan demikian, buah lokal itu buah yang dihasilkan petani Indonesia terlepas dari mana asal varietasnya.

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat luar biasa. Iklim, lahan, dan altitudenya memungkinkan musim panen dapat dilakukan berbeda-beda ditiap daerah, sehingga potensi buah lokal Indonesia sangatlah besar. Apa saja potensi-potensi itu?

1. Sumber gizi

Buah-buahan mengandung banyak sumber gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh contohnya vitamin, mineral, antioksidan, karbohidrat dan serat. Nilai gizi buah lokal lebih baik karena tidak melalui penyimpanan lama atau pengawetan yang menurunkan kualitas. Selain lebih segar, beberapa buah tropis juga terbukti lebih unggul kandungan vitaminnya dibandingkan buah subtropis. Kandungan vitamin C dan vitamin A pada buah mangga lokal, misalnya, lebih tinggi 10 kali lipat dibandingkan apel impor.

2. Kesehatan

Buah-buahan merupakan bahan pangan yang termasuk penting dan semestinya ada dalam daftar menu makanan kita sehari-hari, karena banyak masalah kesehatan atau penyakit yang mungkin timbul akibat kurang mengkonsumsi buah-buahan. Seperti contoh kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan untuk gejala yang ringan dan yang terparah adalah scurvy dan kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat menyebabkan rabun senja. Oleh karena itu mengkonsumsi buah-buahan adalah mutlak bagi tubuh dan kesehatan.

3. Industri makanan dan minuman

Buah-buah Indonesia merupakan jenis buah tropis yang memiliki rasa yang nikmat, sehingga banyak industri makanan dan minuman yang memanfaatkan buah sebagai peluang usaha. Buah kini banyak diolah untuk dijadikan tepung, makanan ringan (snack), kue, puding, permen, keripik, selai, manisan, jus, sirup, wine, dan lain-lain.

4. Kosmetik
Nutrisi yang banyak terkandung dalam buah kini telah dilirik untuk kecantikan. Buah-buah tertentu banyak diolah untuk dijadikan sabun, lulur, lipstik, lotion, masker wajah dan rambut, sampo, dan lain-lain.
5. Upacara adat
Indonesia terkenal dengan berbagai tradisi adatnya. Salah satunya di Bali. Rakyat Bali memiliki berbagai macam upacara adat yang menggunakan sesajen berupa buah.

3 responses to “Potensi Buah Lokal”

  1. debrittows says:

    kalau bisa potensi buah di Indonesia..
    masing lebih spesifik..
    masih terlalu umum..
    informasi yang lebih spesifik akan memberikan indormasi yang lebih luas bagi semuanya..
    jangan lupa dari sumber yang terpercaya..
    NUWUN…

  2. mesi verianta says:

    Sumber Gizi Alasan Buah Lokal lebih tinggi Sumber Gizinya lebih Tinggi, dibandingkan buah impor?
    kesehatan,industri makanan dan minuman kosmetik dan upacara adat Sep_SEP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php