KSDL Buah

Keanekaragaman Jenis Buah-buahan Asli Indonesia

Posted: May 14th 2013

Indonesia terletak di daerah katulistiwa yang memiliki tipe hutan hujan tropik dengan keanekaragaman jenis tertinggi di dunia. Kekayaan keanekaragaman jenis buah-buahan Indonesia juga cukup tinggi, telah ditemukan lebih dari 329 jenis buah-buahan baik yang merupakan jenis asli Indonesia maupun pendatang dapat ditemukan di Indonesia. Buah-buahan asli Indonesia telah ditemukan sebanyak 266 jenis baik yang tumbuh liar di hutan maupun yang telah dibudidayakan. Buah-buahan asli Indonesia ini tergolong dalam jenis pohon, liana, perdu, herba, dan semak. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat 62 jenis buah asli Indonesia yang telah dibudidaya, 18 jenis merupakan tanaman endemik dan 4 jenis termasuk tumbuhan langka.

Wilayah persebaran buah di Indonesia tercatat di Sumatra (148 jenis), Kalimantan (144 jenis), Jawa (96 jenis), Sulawesi (43 jenis), Maluku (30 jenis), Nusa Tenggara (21 jenis), dan Papua (16 jenis) serta 34 jenis lainnya tersebar diseluruh Indonesia. Sayangnya, keanekaragaman jenis buah di Indoenesia ini belum dikembangkan dan dimanfaatkan secara baik sehingga masih banyak buah-buah impor yang ada di pasar-pasar Indonesia. Beberapa jenis buah yang berpotensi untuk dikembangkan dan dapat didaya-gunakan semaksimal mungkin agar kebutuhan pangan buah-buahan dapat terpenuhi ialah Durio sp. (durian), Mangivera (mangga), Nephalium (rambutan), Garcinnia sp. (manggis), Salacca zalacca (salak), Lansium domesticum (duku), Pandanus conoideus (buah merah) dan Pometia pinnata (matoa).

Buah-buah tersebut memiliki berbagai macam jenis dengan keunggulan masing-masing misalnya, buah durian terdapat 9 jenis yang dapat dimakan. Varietas buah durian di Indonesia hampir puluhan bahkan ratusan varietas yang sangat beragam baik dalam rasa, bau, tekstur dan warna daging buahnya, juga variasi dalam bentuk dan ukuran buah, duri-duri pada kulit buah dan bijinya selain itu ditemukan juga durian yang berbiji kempes atau tidak berbiji. Hal ini merupakan modal besar untuk melakukan usaha pemulian durian di Indonesia dan dapat dikembangkan.

Buah mangga tercatat ada 23 jenis mangga asli Indonesia yang dapat dimakan, 14 jenis diantaranya telah dibudidayakan dan 3 jenis merupakan tumbuhan yang endemik. Ketiga jenis mangga yang endemik adalah M. casturi, M. pajang dan M. havilandii. Besarnya keanekaragaman jenis dan plasma nutfah Mangifera spp. di Indonesia khususnya di Kalimantan akan memberikan harapan dalam pengembangannya melalui usaha pemuliaan mangga. Pemuliaan pada buah-buah asli Indonesia ini penting untuk dilakukan agar buah di Indoensia tercukupi sehingga dapat mengurangi impor buah.

Referensi:

Uji, T. 2007. Keanekaragaman Jenis Buah-Buahan Asli Indonesia dan Potensinya. J. Biodiversitas 8(2): 157-167.


2 responses to “Keanekaragaman Jenis Buah-buahan Asli Indonesia”

  1. Fabianus says:

    Indonesia memiliki keanekaragaman buah-buahan yang banyak. Sayangnya, masih banyak aspek yang harus dibenahi. Selain teknik budidaya dan teknologi pasca panen, menurut saya penelitian mengenai khasiat buah-buahan di Indonesia masih sangat kurang. Padahal, khasiat yang terkandung dapat menjadi daya tarik bagi para konsumen. Thanks.

  2. cecilia triastuti says:

    jenis persebaran buah sangat melimpah, namun masih kurang di explore lagi sehingga pengetahuan tentang buah masih kurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php