Blogs Rangkuman PTI

Internet, Intranet dan Extranet

Posted: December 6th 2013

Bab 8: Internet
– Jaringan komputer terbesar di dunia.
– Pertukaran informasi sangat mudah menggunakan standart dan protokol yg terbuka, tidak eklusif , dalam jaringan yg saling berhubungan

Layanan Internet:
– E-mail
– Web
– File transfer
– Chat
– Message board
– Instant messaging

Infrastruktur Internet
– Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network backbone internet
– Pemerintah US berkontribusi dana untuk beberapa proses administrasi primer
– Infrastruktur Internet di sediakan oleh penyedia layanan jaringan
– Koneksi antara dan aliran informasi antara backbone providers bersifat terbuka dan gratis

Aliran paket informasi antara komputer diatur oleh sebuah aturan umum (protocols):
– Internet protocol (IP)
– Transport control protocol (TCP)

New top-level domain zones: pada November 2000, terdapat penambahan pada global top-level domains di internet sejak tahun 1980s.
– .aero (for the air-transport industry)
– .biz (for businesses)
– .coop (for cooperatives)
– .museum (for museums)
– .name (for individuals)
– .pro (for professions).

Internet adalah packet-switching network
– Pesan di dekomposisi menjadi paket, mengandung bagian dari pesan, plus informasi mengenai pengiriman dan penerimaan pada komputer, serta bagaimana paket terelasi dengan paket lainnya
– Packet berjalan secara independen
dan bisa melalui rute yg berbeda
– Packet di susun kembali menjadi
pesan yang diterima oleh komputer
– Setiap komputer pada internet di identifikasikan dengan IP address
– Sebagian besar komputer juga memiliki nama domain
– Network Solutions, Inc. Memiliki monopoli atas pendaftaran nama domain sampai tahun 1999.
– Saat ini, 82 perusahaan dapat mendaftarkan nama domain
– Cybersquatting – Membeli nama domain untuk dijual kembali.

Layanan internet- Communications:
– E-mail – electronic messaging
– USENET newsgroups – forum yg mengumpulkan grup pesan dari pengguna berdasarkan teman umum
– LISTSERV – distributes email messages to all subscribers
– Chatting – live, interactive, written conversations based on topic groups
– Instant messaging – instant text messaging between Internet users
– Telnet – user on one computer doing work on another computer
– Internet telephony – conducting voice conversations over the Internet
– Internet fax – real time document transmittal
– Streaming audio and video

Layanan Internet– Web Services:
– Pengiriman komponen perangkat lunak melalui website dari pada melalui cara tradisional (disks, CDs)
– .NET – Microsoft’s new platform for XML Web services. Integrates web sites and programs to deliver applications.

Layanan internet– World Wide Web:
– Aplikasi yg menggunakan fungsi Internet transport
– Sistem dengan standart universal untuk menyimpang, menerima, menformat, dan menampilkan informasi via client/server architecture
– Based on HTML – standard hypertext language yg digunakan di Web
– menangani text, hypermedia, graphics, dan sound
– Home Page – menampilkan teks dan grafis; halaman pengantar sebuah website
– Web Site – Semua halaman dari perusahaan atau individu
– Hyperlinks – cara untuk menghubungkan atau menavigasikan semua halaman pada web site
– Webmaster – orang yg bertanggung jawab terhadap sebuahWeb site
– Uniform Resource Locator (URL) – mengacu ke alamat sumber tertentu di web
– Hypertext Transport Protocol (HTTP) – standart komunikasi yg digunakan untuk mentransfer page melalui WWW di internet
– Browsers – aplikasi yg mengijinkan WWW untuk meminta dan melihat
web documents
– Offline Browsers – software yang mengambil halaman dari situs web secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan
– Search Engines – program yg mengembalikan daftar dari Web sites atau halaman yg sesuai dengan kriteria pencarian user
– Metasearch Engines – secara otomatis memasukkan pencarian mesin pencarian lainnya dan mengembalikan hasilnya

8 Tipe Dasar dari Web sites:
– Portal
– News
– Informational
– Business/marketing
– Educational
– Entertainment
– Advocacy
– Personal

Internet Challenges
– Teknologi baru
o Adopted by vendors more rapidly than users and customers can implement them
o Web developers cannot assume that users can run their innovations successfully
– Regulasi Internet
o Organisasi teknis(e.g., World Wide Web Consortium) mengembangkan standart untuk mengatur fungsionalitas internet
o Organisasi tersebut tidak dikenai tanggung jawab baik secara hukum atau operasional terkait penggunaan internet

Internet Expansion
– Pertumbuhan lalu lintas internet yg luar biasa telah mempengaruhin beberapa elemen dari jaringan
o Slower retrieval times
o Unreliable data transmission
o Penolakan layanan karena overloaded servers
– Pendekatan untuk mengatasi permasalahan tsb
o Improved hardware technology
o Improved Web management software

Internet Privacy – Web sites mengumpulkan informasih dengan atau tanpa sepengetahuan pengguna
– Cookie – file data yang ditempatkan di hard drive pengguna saat mengunjungi site pertama kali. Mengumpulkan data pada halaman yg dikunjungi atau konten yg dilihat.
– Tiga pendekatan potensial mengenai isu privasi
o Pemerintah mengijinkan grup mengembangkan standart privasi
o Pemerintah merekomendasikan standart privasi untuk internet
o Pemerintah meloloskan hukum yg mengatur bagaimana informasi personal bisa dikumpulkan dan digunakan di internet
o Keamanan transaksi finansial juga menjadi perhatian

Intranets
– Jaringan internal yg menggunakan teknologi internet
– Membuat informasi bisa diakses oleh karyawan
– Biasanya terkoneksi dengan internet
– Extranet mengijinkan konsumen atau suplier untuk
– mengakases sebagian dari intranet perusahaan

Jaringan private yg menggunakan aplikasi Internet dan protokol TCP/IP
– Menyediakan akses yg mudah terhadap informasi perusahaan bagi karyawan
– Digunakan untuk men-deploy aplikasi perusahaan
o Examples – policies and procedures manuals; human resource forms; product catalogs
– Keamanan menjadi perhatian utama
o Security measures include – public key security, encryption, digital certificates, firewalls

Extranets
– Perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti suppliers, distributors, dan key customers
o Memberikan akses mudah pada informasi perusahaan dan easy collaboration bagi mitra bisnis
– Security
o Penting untuk mencegah unwanted entry ke sistem internal
o Virtual private networks (VPNs) sering digunakan untuk menambahkan keamanan dari komunikasi internet
– Konfigurasi Extranet
o Sebuah perusahaan men-set Extranet untuk dealers, customers, atau suppliers
o Perusahaan perusahaan dalam satu industri men set collaborative Extranet untuk keuntungan bersama
o Beberapa perusahaan berkolaborais melalui sebuah Extranet untuk usaha bersama (joint venture)
– Benefits include
o Biaya komunikasi rendah; komunikasi lebih baik; peningkatkan order entry dan customer service; peningkatan efektivitas bisnis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php