Blogs Rangkuman PTI

Electronic Commerce

Posted: December 6th 2013

Bab 10:Sejarah & Ruang lingkup E-Commerce (EC)
– Sejarah
o Di mulai pada awal1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas)
o Awalnya terbatas untuk perusaahn besar
o Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)
– Ruang lingkup EC saat ini
o Iklan
o Perbankan
o Jual beli alat elektronik
o Jual beli saham
o Pencarian pekerjaan
o Lelang
o Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia
o Menyediakan layanan konsumen

Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet
Definisi EC di ambil dari sudut pandang
– Komunikasi
– Proses bisnis
– Layanan
– Online
– Kolaborasi
– Komunitas

Pure EC: semua dimensi adalah digital
– Perusahaan Online (virtual)
– New-economy organization
– Menjual barang dan jasa secara On line

Partial EC: perpaduan antara dimensi digital dan fisik
– Click-and-mortar organizations
– Melakukan kegiatan EC
– Melakukan bisnis utama di dunia nyata
E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa
Tipe E-Commerce
– Business-to-business EC (B2B)
– Collaborative commerce (c-commerce)
– Business-to-consumer EC (B2C)
– Consumer-to-businesses (C2B)
– Consumer-to-consumer (C2C)
– Intrabusiness (intraorganizational) commerce
– Government-to-citizens (G2C) and others
– Mobile commerce (m-commerce)

Electronic Marketplaces
– Pasar memfasilitasi pertukaran
o Informasi
o Barang
o Jasa
o Pembayaran
– Pasar menciptakan nilai ekonomi untuk
o Pembeli
o Penjual
o Perantara
o Masyarakat pada umumnya

Electronic Markets vs Inter-organizational Systems
E-markets
– Pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar
o Barang
o Layanan
o Uang
o Informasi

Inter-organizational Information Systems (IOS)
– Antara dua atau lebih perusahaan
o Pemrosesan transaksi harian
o Aliran informasi

Electronic Commerce Requirements
Infrastructure – hardware, software, dan jaringan yg dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi, dan kolaborasi
Mekanisme Pembayaran Electronic
– Electronic checks
o Konsumen membuka rekening di bank
o Konsumen meng email encrypted electronic check yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital
o Pedagang mendepositkan cek tersebut ke rekeningnya; uang di debit dari rekening pembeli dan di kreditkan di rekening penjual
– Mekanisme Pembayaran Electronic
o Electronic credit cards
 Unencrypted payments – Pembeli meng email kan nomer CC ke penjual di internet
 Encrypted payments – detil credit card di enkripsi untuk keamanan
o Electronic cash in PC
 bank menyediakan aplikasi khusus kepada konsumen
 Konsumen membeli “uang elektronik” dari bank melalui aplikasi
 Bank mengirim catatan uang elektronik ke konsumen, disertai tanda tangan digital
 Uang disimpan pada PC pembeli dan bisa digunakan pada setiap electronic store yg menerima e-cash
 Aplikasi juga digunakan untuk mentransfer e-cash dari komputer pembeli kekomputer penjual seller’s
 Penjualan bisa menabung e-cash di bank atau menggunakannya untuk melakukan trnasaksi lainnya
– Keamanan
o Enkripsi – proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai
 Single-key encryption
 Public/private key encryption
 Public key infrastructure
o Electronic Certificates
o Secure Socket Layer (SSL)-protocol yg digunakan untuk mengenkrispi pesan
o Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol untuk pemrosesan kartu kredit

Business-to-business (B2B)
– Anggota E-market
– Bergabung dengan Airnew Co.—menghubungkan major airlines dengan suppliers
o Fuel
o Fuel services
o Light maintenance services
o Catering
– Begabung dengan Corporcure.com.au bersama 13 korporasi besar lainnya di Australia
– Pembelian barang dan jasa secara elektronik
o Perlengkapan kantor
o Pemeliharaan

Business-to-customer (B2C)
– Online booking
o E-mails to frequent-flyer members
o Mileage bonuses and opportunities to win $10,000 AU
– Wireless communications ad

Business-to-employee (B2E):
– Online training
– Online banking


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php