Rangga Deputra

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce 13/11/2012

Posted: November 14th 2012

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

                Wireless dengan mobile itu sebenarnya berbeda arti dan pengertiannya,mobile adalah dapat berpindah pindah sedangkan wireless adalah tanpa kabel, tetapi untuk sekarang ini antara mobile dengan wireless sudah terkompilasi terhadap suatu device atau satu perangkat. Nah disini juga akan dijelaskan mengenai tentang Mobile Commerce atau biasa disebut dengan M-Commerce yaitu pengembangan dari Electronic Commerce yang pada beberapa minggu lalu diterangkan.

Berkaitan dengan wireless device/perangkat nirkabel yang mempunyai fungsi atau intinya adalah dapat melakukan komunikasi secara nirkabel yang berkoneksi ke internet/terkoneksi terhadap perangkat lainnya yang memiliki kemampuan nirkabel/tanpa kabel. Nah beberapa contoh perangkat yang memiliki kemampuan wireless adalah PDA, telphone selular, smartphone dll. Kemudian ada istilah yang disebut Wireless Application Protocol atau yang sering disebut dengan WAP yang pada jamannya cukup populer, adalah suatu kontrol yang digunakan pada teknologi nirkabel untuk mobile,jadi WAP itu berfokus pada suatu perangkat yang memiliki keterbatasan yang sangat mencolok yaitu display dan memory pada piranti mobile tersebut. Tampilan pada suatu piranti mobile akan sangat berbeda dengan tampilan pada komputer PC, jadi WAP itu berfungsi untuk mengatur komunikasi data pada piranti mobile. Tetapi seiring perkembangan jaman WAP semakin sedikit penggunanya karena kemampuan smartphone yang dapat menampilkan suatu tampilan yang sama dengan tampilan komputer PC tanpa harus mengonpress/mentranslasi ukuran tampilan dengan WAP. Ada lagi istilah Microbrowser,sebenarnya sama seperti browser pada komputer PC tetapi karena microbrowser itu menggunakan protokol yang kecil/pada mobile jadinya microbrowser itu terbuat terkhusus untuk mobile yang memiliki suatu keterbatasan. Contohnya adalah Opera Mini. Selain microbrowser juga ada istilah Pager yang pada jamannya juga sangatlah populer, teknologi nirkabel yang dapat berkomunikasi secara 1 arah tidak bisa bolak balik, tetapi berhubung perkembangan jaman juga pager telah terlupakan karena sekarang sudah ada sms yang dapat melakukan komunikasi secara 2 arah.

Beberapa sistem transmisi pada teknologi komunikasi nirkabel:

  • Point To Point : dari istilahnya saja sudah dapat dijelaskan sistem ini, satu ke satu. Pada umumnya menggunakan istilah line of sight transmission, yaitu suatu transmisi data yang tegak lurus. Contohnya adalah infrared.
  • Satellite Transmission: sistem yang menggunakan komunikasi satelit. Untuk jangkauan satelit itu sendiri dibagi menjadi 3,yaitu :
    • Geostationary earth orbit (GEO) jangkauan satelit yang dapat menangkap suatu device yang kurang lebih 22,300 mil diatas permukaan bumi. Untuk cangkupannya sendiri biasanya Geostationary ini bisa mencangkup setengah dari bumi.
    • Medium earth orbit (MEO) jangkauan satelit yang dapat menangkap suatu device yang kurang lebih 6,000 mil diatas permukaan bumi. Untuk cangkupannya sendiri biasanya Geostationary ini bisa mencangkup sebuah benua.
    • Low earth orbit (LEO) jangkauan satelit yang dapat menangkap suatu device yang kurang lebih 400 sampai 700 mil diatas permukaan bumi. Untuk cangkupannya sendiri biasanya Geostationary ini bisa mencangkup sebuah negara.
    • Footprint : suatu area cakupan yang dapat dihendel oleh satelit
    • Broadcast Transmission : Sistem yang berguna untuk bisa menyebar informasi kebanyak perangkat, contohnya stasiun radio dan stasiun tv
    • Propagation Delay : Suatu rentan waktu yang muncul akibat transmisi yang dilakukan oleh satelit dan resiver dibumi

Lanjut untuk Global Positioning Systems atau sering disebut sebagai GPS adalah sistem wireless yang digunakan untuk mengetahui posisi dimanapun kita berada dan untuk mengetahui posisi tersebut GPS telah didukung oleh 24 satelit yang telah tersebar keseluruh dunia,tetapi biasanya untuk mengetahui posisi tersebut hanya membutuhkan 3 satelit saja. Selain GPS juga ada istilah IOS atau Internet Over Satellite yaitu terkomunikasi kejaringan internet namun menggunakan teknologi satelit,tidak terhubung keprovider tetapi terhubung kesatelit untuk mentransfer data.

Teknologi wireless selanjutnya adalah:

  • Transmisi radio, suatu gelombang radio yang dapat mengirimkan suatu data,contohnya adalah bluetooth,wi-fi,wimax
  • Digital radio (satelit radio), satelit yang berfungsi memancarkan sinyal dan mengirimkan data,contohnya adalah tv prabayar (indovision)
  • Infrared,umum digunakan pada remote tv,remote ac

Ada yang disebut dengan IEEE,IEEE adalah suatu komunitas yang berkaitan dengan engenering. Komunitas inilah yang menciptakan standart bluetooth, wimax, wifi. Standart yang mereka ciptakan itu berfungsi untuk menyatukan,memberi arahan, mengatur dan mengelola bagaimana cara menggunakan modul suatu teknologi, cara transmisi yang akan digunakan sehingga suatu vendor dapat menggunakan teknologi tersebut. Standart IEEE yang telah dikeluarkan yaitu:

  • IEEE 802.15 (Bluetooth) untuk wireless pribadi (PANS) dan 802.15.4 (Zigbee).
  • IEEE 802.11 (Wi-Fi) untuk wireless pada jaringan lokal (WLAN)
  • IEEE 802.16 (Wi-Max) untuk wireless pada area perkotaan (WMANs)
  • IEEE 802,20 (usulan) untuk wireless yang cakupannya lebih besar dari perkotaan (WWAN).

Bluetooth

Adalah perkembangan terbaru dari infrared. Kemampuan bluetooth itu bisa mengomunikasikan hingga ke 8 perangkat yang terhubung kejaringan bluetooth (bisa disebut PAN/Personal Area Network),kecepatan bluetooth bisa mencapai 10 Mbps untuk versi 2 keatas.

PAN (Personal Area Network)

Kumpulan dari bluetooth device atau sering disebut Piconet. Contohnya dalam suatu tempat terdapat PDA,Smart phone, printer headshet yang semuanya terhubung dalam suatu jaringan bluetooth.

Zigbee

                Sama seperti bluetooth,tetapi kemampuan zigbee bisa menghendel lebih dari 100 perangkat.zigbee mempunyai banyak sensor Contohnya untuk menangkap sinyal alarm

Wi-fi memiliki beberapa masalah:

  • Roaming : pengguna tidak dapat berpindah dari hotspot ke hotspot yang lain.Jika hotspot tersebut menggunakan suatu id maka untuk berpindah harus login lagi.
  • Security : Karena wi-fi itu menggunakan gelombang radio maka akan sulit untuk dilindungi
  • Cost : tergantung jenis wi-fi yang akan diterapkan,biasanya berbayar untuk wi-fi

Ada istilah Worldwide Interoperability for Microwave Access atau sering disebut WiMax,yaitu perkembangan dari wi-fi yang cangkupannya lebih besar dari pada wifi,bisa sampai 1 kota atau 1 wilayah yang besar, biasanya digunakan pada negara maju.

Itu tadi adalah sekilas apa yang dimaksud dengan wireless,sekarang saya akan menjelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan mobile computing, awal tadi sudah dijelaskan bahwa pengertian mobile bisa dibawa kemana mana/ dapat berpindah pindah tanpa adanya kabel. Meskipun antara mobile dengan wireless itu berbeda dan hampir sama tetapi sekarang ini mobile computing telah memiliki kemampuan wireless koneksi,karena pada saat ini mobile dengan wireless itu tidak dapat dipisahkan. Jadi mobile computing bisa dikatakan sebagai perangkat yang bisa melakukan komputasi secara bergerak. Dalam mobile computing ada 2 term yang sangat umum,yaitu mobility (bisa bergerak dan melakukan komputasi) serta broad reach (kemampuan untuk bisa terkoneksi selagi perangkat tersebut bergerak). Selain 2 term tersebut juga terdapat karakteristik dari mobile computing itu sendiri,yaitu :

  • Ubiquity : kemampuan untuk melakukan berbagai hal dan semua kemampuan
  • Convenience : berkaitan dengan prospek seseorang itu menggunakan mobile device
  • Instant Connectivity : dimanapun device itu berada tetap bisa terhubung dengan jaringan
  • Personalization : berkaitan dengan kemudahan suatu perangkat mobile untuk bisa diatur sesuai kesenangan pengguna
  • Localizations of products and services : berkaitan dengan penentuan suatu posisi atas perangkat mobile tersebut

Diawal tadi juga telah dijelaskan mengenai Mobile Commerce atau sering disebut sebagai M-Commerce. Pada beberapa minggu lalu telah dikatakan bahwa Commerce adalah suatu transaksi untuk mentransfer data,untuk polling juga bisa atau untuk memilih sesuatu itu semua juga bisa dikatakan sebagai Commerce, jadi istilah M-Commerce itu berarti melakukan segala transaksi itu tadi menggunakan perangkat mobile. Jadi ada beberapa faktor yang bisa dikatakan sebagai mobile commerce tetapi paling utama adalah tidak perlu PC,bisa menggunakan mobile device apapun juga, culturnya menggunakan telphone selular,umumnya sekarang ini juga semakin murah, untuk transaksi data juga semakin lebih baik pada bandwidth. Beberapa aplikasi yang menggunakan M-commerce sebenarnya semua bidang sekarang menggunakannya perbankan, finacial, pembayaran online bahkan masih banyak lagi aplikasi yang menggunakan fasilitas M-commerce ini.

Ada istilah mobile portal dan voice portal,apakah yang dimaksud dengan kedua irtilah tersebut? Untuk mobile portal itu bisa dikatakan sebagai segala informasi yang dapat disampaikan pada suatu perangkat mobile apapun informasi tersebut,bisa berita,email dll. Contohnya bisa dilihat di detik.com,kompas.com,tribun.com dll.Sedangkan untuk voice portal adalah penyajian segala informasi dalam bentuk suara dan bisa diakses melalui perangkat mobile. Tetapi untuk sekarang voice portal tidak populer tetapi populernya adalah video portal, karena untuk video portal bisa menyajikan informasi dalam segala video.

Ada istilah Pervasive Computing yaitu proses melakukan komputing dimana dan kapan saja,jadi disini banyak objuek yang ditanamkan untuk melakukan interaksi mobile dan nirkabel,jadi semua hal bisa dilakukan denan suatu perangkat. Terus ada istilah Wireless Sensor Networks yaitu ‘dia’ yang mendeteksi dimana saja atau apa saja yang melewati reader tersebut. Dalam wireless sensor tersebut ada istilah Mote, mote tersebut adalah sensor itu sendiri. Ada istilah lagi yaitu Mesh Network,yaitu kumpulan mote yang tidak beraturan,tidak ada komposisi tertentu yang bisa mengirim dan kemudian relay data tersebut dari mote satu ke mote yang lain.

Kemudian untuk keamanan wireless ada 4 ancaman/kejahatan yang umum dilakukan,yaitu :

  • Rogue access point adalah akses point yang tidak terpercaya tetapi terhubung kejaringan tersebut.
  • War driving istilahnya adalah akses point yang bergerak.
  • Eavesdropping adalah bagaimana user yang mencoba mengakses data pada suatu wireless.
  • RF (Radio frequency) jamming adalah pengeblokkan suatu transmisi akses point tersebut.

Nah untuk menghindari ancaman tersebut beberapa hal yang bisa dilakukan :

  • Mengeblokir SSID kita
  • Mendeteksi siapa saja yang boleh mengakses jaringan tersebut
  • Melakukan enkripsi data
  • Memantau penggunanya
  • Memutar frekuensi jaringannya

Demikian ringkasan singkat yang saya buat tentang wireless dan mobile computing,semoga dapat bermanfaat,terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php