Rangga Deputra

Telecommunications And Networks 2/10/2012

Posted: October 4th 2012

Telecommunications And Networks

                Proses yang terjadi antara 2 atau lebih perangkat multimedia atau komputer yang mampu mentransfer suatu data, instruksi, informasi, bahkan bisa untuk berbagi sumber daya, asalkan dalam perangkat perangkat tersebut terhubung dengan suatu jaringan, contohnya terhubung dengan internet.

Telekomunikasi itu sendiri secara garis besar ada dua macamnya, nirkabel dan juga kabel. Contohnya nirkabel atau tanpa kabel itu seperti gelombang radio,infrared, gelombang eletro magnetic, dll, sedangkan contoh untuk kabel itu kayak kabel telpon, intercom, tv kabel dengan jarak terbatas dll.

Suatu jaringan nirkabel untuk mengirim data dengan menggunakan gelombang radio, atau bisa disebut sinyal, la sinyal tersebut ada 2 macamnya, analog dan digital sinyal.

  1. Sinyal Analog : sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang memiliki amplitudo dan frekuensi.
  2. Sinyal Digital : sinyal data yang berbentuk gelombang terputus putus

Bisa dilihat kan itu adalah gambar gelombang dari analog sinyal dan digital sinyal, dimana jika dalam analog sinyal gelombang berdekatan itu bisa dilambangkan 1 dan jika gelombang memanjang dilambangkan 0 pada bilangan biner, sedangan untuk digital sinyal dilihat dari garis atas dan garis bawah pada sinyal tersebut, jika garis atas dilambangkan 1 dan jika garis bawah dilambangkan 0, untuk panjangnya bisa dilihat seperti itu.

Dalam suatu telekomunikasi sistem itu komponen komponen yang mendukung terjadinya jaringan adalah sebagai berikut:

  1. Hardware
  2. Media
  3. Networks
  4. Software
  5. Provider
  6. Protocols
  7. Aplikasi

Berikut ini adalah penjelasan singkat dari komponen komponen tersebut.

      1.Hardware

Perangkat telekomunikasi itu sendiri, digunakan untuk mentransmisi pengiriman ataupun penerimaan data. Dimana dalam hardware memiliki itu sendiri memiliki alur, alur itu dibagi menjadi 3,yaitu:

  1. Modem : Pengubah sinyal analog ke sinyal digital ataupun sebaliknya
  2. Multiplex : Mentransmisikan beberapa sinyal pada 1 media tertentu, contohnya kabel telephone
  3. Front End Processor : alat khusus yang digunakan untuk mengelola komunikasi tersebut

Alurnya itu bisa digambarkan begini:

Tetapi untuk sekarang ini antara Front End Proccesor,Multiplex dan Modem telah dijadikan satu dalam suatu perangkat(router).

      2. Media

Perantara dari telekomunikasi itu sendiri, contohnya seperti yang telah saya bilang tadi kabel dan nirkabel(secara garis besar).Kalau dijabarkan banyak media yang sering digunakan sekarang ini, yaitu:

  1. Twister Pair Cable: kabel dimana berisi banyak kabel berwarna yang mempunyai fungsi mengurangi radiasi elektromagnetik,seperti kabel telephone
  2. Coaxial Cable : kabel yang memiliki tembaga diinti kabel tersebut, seperti kabel antena tv itulah
  3. Fiber Optic Cable : kabel yang hampir mirip seperti kabel twister pair,hanya kalau ini kabel hanya berisi satu warna dan lebih kuat karena terbuat dari fiber, contohnya kabel yang banyak digunakan pada perusahaan besar
  4. Gelombang Micro : bentuk gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi, misalnya pada jaringan tower
  5. Satelit : media yang dikirim dan diterima dari bumi ke bumi yang melewatti satelit
  6. Radio : media yang biasanya digunakan pada jarak dekat, misalnya infrared

Ternyata dalam media juga terdapat beberapa istilah, seperti 1. Kecepatan Transmisi(berisi bandwith dimana bandwith besar maka kapasitas yang didapat juga besar), 2. Tipe Transmisi (terdapat 2 tipe,yaitu asynchoronous contohnya karakter per karakter dan synchoronous contohnya kumpulan karakter per kumpulan karakter) dan yang 3.Ketepatan Transmisi (seberapa baik data yang dikirim dan diterima serta apakah ada/tidak adanya eror)

      3.Network

jaringan telekomunikasi,contohnya seperti jaringan hotspot lalu terhubung dengan service provider yang langsung terhubung kedunia internet. Secara garis besar jaringan terbagi menjadi 3,yaitu LAN(Local Area Network), MAN(Metropolitan Area Network), dan WAN(Wide Area Network).

– LAN adalah jaringan pada suatu tempat yang relatif kecil,misalnya sekolah, perusahaan kecil dll. Ternyata dalam LAN ada yang disebut dengan Topologi,apakah artinya?

Topologi mempunyai arti tentang cara pengaturan hubungan antarkomputer dalam sebuah jaringan komputer. Ada beberapa macam Topologi,yaitu Bus, Token Ring, dan Bintang.

– MAN adalah jaringan yang lebih besar dari pada LAN, biasanya sebesar provinsi contohnya kantor kantor swasta disuatu kota.

– WAN adalah jaringan yang paling besar mencangkup negara bahkan sebuah benua, contohnya bank bank besar dll.

      4.Software

Perangkat yang berfungsi Hardware + Media + Networks agar ketiga komponen tersebut berfungsi bersama.

      5.Provider

Penyedia layanan provider, layanan yang menyangkut Internet dan biasa disebut ISP (Internet Service Provider)

      6.Protocols

mengatur komunikasi data yang bisa dilakukan, contohnya mengatur bits yang dikeluarkan oleh protocols. Mendefinisikan bagaimana channel disediakan, bagaimana informasi disampaikan, dan bagaimana kesalahan atau error dideteksi dan diperbaiki. Protokol yang pada umumnya sekarang digunakan antara lain:

ETHERNET (protokol LAN dimana setiap PC mengakses network dengan kecepatan tinggi. Sekarang ia menjadi protokol LAN yang paling populer karena murah dan mudah diinstal)

TOKEN RING (Sebuah protokol yang  mengontrol akses ke jaringan dengan meminta sebuah sinyal khusus, saat ini menjadi protokol LAN kedua yang sering digunakan)

TCP/IP (Singkatan dari Transfer Control Protocol/Internet Protocol yang merupakan sebuah protokol untuk mengelola transmisi data dengan memecah data tersebut menjadi sejumlah paket kecil)

      7.Aplikasi

bisa didevinisikan seperti membuka browsernya http://, ftp, smftp dll.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php