Rangga Deputra

Pengurusan Data Dan Informasi 25/9/2012

Posted: September 30th 2012

Pengurusan Data Dan Informasi

 

Data Hirarki,apakah yang dimaksud dengan data hirarki itu ya?? Data biasa diartikan  “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya, bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Sedangkan yang dimaksud dengan Hirarki adalah urutan atau aturan dari tingkatan abstraksi menjadi seperti struktur pohon ataupun segitiga bertingkat. Nah, jika data dan hirarki itu digabungan lalu diproyeksikan dengan komputer maka akan berarti bagian-bagian yang saling mnghubungkan 1 sama lainnya untuk membentuk suatu fungsi informasi yang berbeda-beda.

Berdasarkan tingkat kompleksitas nilai data, tingkatan data dapat disusun kedalam sebuah hirarki, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling komplek, dari Database→File→Record(List)→Fields(Kategori)→Characters(Isi).

  1. Characters(Isi) adalah sekumpulan bit yang secara konvensional terdiri atas kombinasi delapan bit yang menyatakan sebuah karakter dalam memori (I byte= I karakter)
  2. Fields(Katagori) adalah bisa dikatakan bahwa fields adalah kelompok kecil dari kumpulan characters. Misalnya database mahasiswa berisi field nama,berarti isinya adalah kumpulan nama tersebut.
  3. Record(List) adalah sekumpulan field yang saling berhubungan terhadap obyek tertentu, selain fields nama juga dibuat field no mahasiswa,telp, nama orang tua danjenis kelamin. Kumpulan fields-fields itulah yang disebut Record.
  4. File adalah kumpulan Record yang berhubungan dengan suatu obyek, misalanya record mahasiswa yang digabungkan dengan record orang tuanya.
  5. Database adalah hubungan atau kumpulan dari record record yang bermacam macam dan memiliki hubungan antar record.

Unit data fields masih terbagi lagi karena fields adalah kombinasi dari beberapa karakter yang menjadikan itu menjadi penting. Fields Size, sudah bisa dari katanya adalah size, berati bisa diartikan bahwa fields size adalah karakter masimal yang dapat kita masukkan delam sebuah fields, contohnya jika kita mengatur yang boleh dimasukkan hanya 10 karakter maka maksimal karakter yang boleh dimasukkan ya 10 karakter,tidak bisa lebih. Lalu Fields Name, dalam suatu record itu tidak diperkenankan bahwa namanya itu sama,contohnya

No No Nama Telp
       

Itu tidak boleh karena dalam suatu record ada nama yang sama,tetapi jika No yang dimaksud dengan no mahasiswa,maka harus diganti dengan dengan nim/no_mas itu baru boleh.

No Nim Nama Telp
       

 

 

Selain fields size dan fields name juga ada yang yang disebut data type, apa itu data type?? Adalah spesifik dari konten konten data field. Banyak sekali type type data yang tersedia, ada text, numberic, AutoNumber, Cureency(mata uang), Date, Memo, Yes/No, Hyperlink, dan Object. Misalkan dalam kolom No tadi diisikan type numberic,maka pada kolom tersebut hanya bisa mengimput data number, dan pada kolom nama kita isikan dengan type text,maka seluruh karakter dapat diimputkan disana.

Database akan mengolah data yang diimput oleh user,jika kita sudah mengimputkan beberapa yang banyak sekali maka karakter, Fields, dan Record juga akan terbentuk banyak. Fields yang banyak itu,tetapi bukan berkumpulan yang tidak memiliki hubungan antar fields disebut  Entitas, sedangakan record atau tabel tabel yang banyak tetapi bukan berkumpul dan yang tidak memiliki hubungan antar tabel disebut Attribute. Data yang diolah oleh database dibedakan menjadi 2,yaitu Primary Key yang mengimput dari data yang beridentitas sangat unik,misalnya kolom Nim pada tabel tadi, lalu ada Secondary Key yang mengimput data yang beridentitas unik, misalanya no urut, atau pada identitas grup,misalnya jenis kelamin.

Dalam suatu database itu ada beberapa sifat untuk memudahkan dalam pengiriman data, yaitu Central dan Distribusi. Bersifat central jika beberapa user yang mengimput data pada satu titik,yaitu 1 database,sedangakan yang bersifat distribusi jika beberapa user mengimput data pada beberapa titik yaitu beberapa database. Dari sifat sifat itu pasti ada beberapa kelebihan dan kekurangan, untuk central tidak perlu adanya sinkronisasi,mentenens mudah, tetapi lebih lambat, kalau untuk distribusi perlu adanya sinkronisasi, mentenens sulit dan lebih cepat. Contohnya ni, ada orang yang ingin mengambil uang dari ATM,tetapi datanya tersimpan di jogja sedangkan dia berada di jakarta, maka untuk hal ini sifat database yang cocok adalah distribusi,karena data yang ada dijogja sudah berada juga data yang ada dijakarta, itu akan lebuh cepat dan mudah dari pada jika memakai sifat central, karena dari jakarta database mengambil data dijogja dahulu lalu kembali lagi kejakarta.

Lanjut untuk DBMS,apa ya yang dimaksud dengan itu? Apakah itu makanan atau suatu tempat? Bukanlah,itu adlah singakatan dari DataBase Management System yang dimana software atau bisa software hardware yang kusus didesain untuk melindungi dan memanage database. Dengan menggunakan DBMS maka untuk menentukan pembagian data kepada para user untuk mengakses secara merata dan hemat pada sumber daya data, ya contohnya yang sudah sangat terkenal saat ini ySQL, MS SQL Server dan Oracle. Sedangkan untuk DBMS itu memiliki beberapa komponen didalamnya, seperti File Manager, yang mengelola ruang dalam disk dan struktur data, lalu ada juga Database Manager, yang menyediakan tatap muka antara data low-level, Query Processor, yang menterjemahkan perintah dalam query bahasa ke perintah low-level, DML Precompiler, yang mengkonversi perintah DML (Data Manipulation League) yang ditambahkan dalam sebuah program aplikasi bahasa, dan yang terakhir ada DDL(Data Definition League) yang mengkonversi perintah-perintah DDL ke dalam sekumpulan tabel.

Ya mungkin itu saja yang dapat saya sampailkan pada minggu ini tentang pengurusan data dan informasi yang telah kami pelajari pada hari selasa tgl 25 September 2012, kurang lebihnya saya minta maaf. Terima Kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php