Rangga Deputra

Computer Software 18/9/2012

Posted: September 18th 2012

Computer Software

                Software aplikasi tiap jam,menit bahkan detik akan selalu berkembang dalam berbagai bidang, tetapi tidak bisa mengimbangi betapa pesat perkembangan hardware dan dalam lingkungan bisnis. Software yang semakin berkembang semakin besar juga masalah yang dihadapi seperti pemrogramannya semakin  rumit, selain itu berpotensi peningkatan “bugs”. Bugs adalah eror dalam suatu software, sebenarnya bisa di handel bugs tersebut tetapi hanya sementara waktu, itu dinamakan “debugging”, harga yang mahal dan memakan banyak waktu itulah konsekuensi dari pemdebuggingan.

Ada beberapa istilah basic dalam suatu software,yaitu: 1. Program Komputer, 2. Konsep Penyimpanan Program, 3. Programming, dan 4. Programmer.

  1. 1.       Program Komputer

Bisa dibilang bahwa program komputer adalah suatu program yang mengumpulkan segala instruksi yang dipahami oleh komputer.

  1. 2.       Konsep Penyimpanan Komputer

Instruksi yang dikumpulkan oleh program dan telah disimpan lalu dieksekusi CPU dan digunakan ketika dibutuhkan.

  1. 3.       Programming

Coding,C/C++ itulah yang dinamakan programming, proses yang dilakukan saat pembuatan suatu program.

  1. 4.       Programmer

Suatu program itu yang buat siapa to? Orang kan? Nah orang itulah yang dinamakan programmer,pembuat suatu program.

Dalam suatu software komputer itu masih dibagi lagi menjadi System Software dan Aplikasi Software. System Software itu adalah suatu sistem yang bertugas untuk menghendel, mengontrol dan mengatur suatu resource hardware(Windows XP, Linux, Macintosh dll). Sedangkan yang dimaksud Aplikasi Software adalah suatu sistem yang memiliki tujuan tertentu yang spesifik(winamp, microsoft office dll). System dan aplikasi haruslah bekerja sama jika akan mengubah suatu data komputer menjadi suatu barang informasi,tidak bisa jika hanya bekerja salah satu.

Fungsi dari sistem software mengontrol segala aktifitas sistem, berkomunikasi dengan berbagai aplikasi, mengembangkan testing dan debugging serta bersifat independen dari setiap aplikasi. Mengontrol segal resource sistem baik itu hardware maupun software yang memiliki suatu kemampuan khusus/spesifik.

Lebih spesifik lagi dari sistem software adalah fungsi sistem operasi,yaitu memantau segala operasi dan pekerjaan komputer, mengalokasikan CPU time dan main memori pada program serta bertatap muka dengan user dan hardware. Contohnya manage programs, manage memory, schedule jobs and configure devices, establish an Internet connection, monitor performance dll.

Sistem operasi pada jaman sekarang sangatlah maju seperti proses manajemen yang dapat menampilkan banyak program secara bersama sama, dapat menambahkan main memory dari secondary memory, memanajeman dan mengamankan file salam secondary storage, dapat melakukan tabs lain meskipun ada suatu kesalahan(asalkan kesalahan itu dapat kita hendel) dan user interface yang lebih simpel.

Sistem pendukung program adalah sistem yang mendukung operasi, manajemen dan user dari suatu sistem komputer. Contohnya Sistem Utilities (menyortir catatan, memeriksa integritas disk, menciptakan direktori dan subdirektori dll), Performance Monitors (memonitor proses pengerjakan), Security Monitors (sistem computer yang sedang digunakan dapat diprotect dari segala fraud/virus).

Setelah panjang lebar membicarakan apa itu sistem software,sekarang waktunya membahas tentang aplikasi software. Sebuah program yang melakukan kegiatan pengolahan informasi secara spesifik dan fungsionalitas. Beberapa tipe dari aplikasi sistem adalah proprietary dan Off-the-shelf. Software aplikasi personal adalah suatu aplikasi program yang mendukung berbagai jenis tipe dalam suatu proses. Contohnya Multimedia, Komunikasi, Groupware dll.

Banyak sekali masalah dalam dunia software sekarang contohnya Software Licensing, Software Upgrades, Open Systems, Open Source Software dll. Itulah segala masalah yang dibikin oleh manusia dan dapat diatasi oleh manusia jika melewati fase administrasi. Ya begitulah politik bisnis yang mengandalakan software.

Sekarang kita beralih ke hal yang berbeda,tetapi hanya berbeda sedikitlah dari software,yaitu tentang bahasa pemrograman. Apa itu bahasa pemrograman? Bahasa pemrograman adalah bahasa yang memungkinkan orang untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Caranya gimana untuk memberitau komputer? Caranya itu adalah program menulis bahasa pemrograman lalu disalurkan ke translator program (Assembler, Compiler dan Interpreter) program akan ditulis didalam mesin bahasa lalu akan diproses oleh CPU.

Hey hey hey,bukan hanya software dan hardware saja lo yang berkembang,ternyata bahasa pemrograman juga berkembang loh,,,

  • Pada generasi pertama ditempati oleh Mechine Language, yang mengandung dari beberapa digit biner (0s, 1s) yang hanya dimengerti oleh komputer.
  • Runnerup atau untuk generasi kedua ditempati oleh  Assembly Language, Agak lebih user-friendly dari digit biner, program yang menerjemahkan program bahasa assembly ke bahasa mesin.
  • Generasi ketiga diambil oleh Procedural Language, program yang menggambarkan pemrosesan komputer langkah-demi-langkah, mendekati bahasa alami, menggunakan kata-kata umum.
  • Fourth generation is Nonprocedural Language, program yang memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang diinginkan tanpa harus menentukan prosedur yang diperlukan. Contohnya SQL.
  • Nah untuk generasi kelima ini biasa disebut sebagai intelligent generation, yaitu Natural Language Programming Languages, kenapa bisa begitu? Karena program ini dapat menerjemahkan bahasa alami ke dalam bentuk terstruktur mesin,yang dapat dibaca sangat kompleks dan eksperimental.

Ada berbagai macam jenis dalam penulisan bahasa pemrograman,yaitu Visual Programming language(exp C++), HTML, XML, Component-Ware (Plug and Play), VRML(WWW) dan OOP (Java).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php