Radian Satria Panigas

Bab 10 E-Commerce

Posted: December 9th 2013

Sejarah & Ruang lingkup E-Commerce (EC)

•Sejarah
–Di mulai pada awal1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas)
–Awalnya terbatas untuk perusaahn besar
–Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)
•Ruang lingkup EC saat ini
–Iklan
–perbankan
–Jual beli alat elektronik
–Jual beli saham
–Pencarian pekerjaan
–lelang
–Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia
–Menyediakan layanan konsumen
Definisi dan konsep EC
•Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet
•Definisi EC di ambil dari sudut pandang
–komunikasi
–Proses bisnis
–layanan
–Online
–kolaborasi

-komunitas

>Traditional commerce : semua dimensi terkait fisik
 •Brick-and-mortar organizations (organisasi yg secara fisik ada)
 •Old-economy organizations (corporations)
 •Bisnis dijalankan secara offline
 •Menjual produk melalui physical agents
>E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput:
–Layanan konsumen
–Kolaborasi dengan rekan bisnis
–Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan
Pure vs. Partial EC: berdasarkan tingkat digitalisasi dari produk , proses bisnis, dan delivery agent
Electronic Commerce Requirements
•Infrastructure – hardware, software, dan jaringan yg dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi, dan kolaborasi
•Mekanisme Pembayaran Electronic
–Electronic checks
•Konsumen membuka rekening di bank
•Konsumen meng email encrypted electronic check yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital
•Pedagang mendepositkan cek tersebut ke rekeningnya; uang di debit dari rekening pembeli dan di kreditkan di rekening penjual
–Electronic credit cards
•Unencrypted payments – Pembeli meng email kan nomer CC ke penjual di internet
•Encrypted payments – detil credit card di enkripsi untuk keamanan
–Electronic cash in PC
•bank menyediakan aplikasi khusus kepada konsumen
•Konsumen membeli “uang elektronik” dari bank melalui aplikasi
•Bank mengirim  catatan uang elektronik ke konsumen, disertai tanda tangan digital
•Uang  disimpan pada PC pembeli dan bisa digunakan pada setiap electronic store yg menerima e-cash
•Aplikasi juga digunakan untuk mentransfer e-cash dari komputer pembeli kekomputer penjual seller’s
•Penjualan bisa menabung e-cash di bank atau  menggunakannya untuk melakukan trnasaksi lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php