Radian Satria Panigas

BAB 4 PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

Posted: October 7th 2013

Minggu ini kita membahas hal-hal seputar perangkat lunak komputer.

Aplikasi perangkat lunak tidak bisa dikembangkan dengan cepat untuk hal-hal berikut:
  1.        Bersaing dengan lingkungan bisnis yg dinamik
  2.        Mengimbangi perkembangan pesat dari perangkat keras

Perangkat lunak komputer (perangkat lunak), perangkat lunak ini dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu sistem perangkat lunak dan aplikasi perangkat lunak.

  1. sistem perangkat lunak adalah Instruksi yang mengelola sumber daya perangkat keras atau hardware.
  2. aplikasi perangkat lunak adalah Instruksi yang melakukan tugas-tugas pengguna tertentu.

Sistem perangkat lunak ada 2 jenis yaitu

  1. System Control Programs adalah Kontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, perangkat lunak, data).
  2. System Support Programs adalah sistem perangkat lunak untuk medukung program.
Operating System – main system control program
  1. Mengawasi keseluruhan operasi pada komputer
  2. Mengalokasikan CPU time dan main memory untuk program yang sedang berjalan di komputer
  3. Menyediakan antarmuka antara pengguna dengan hardware

Sistem perangkat lunak atau disebut sistem operasi menyediakan sebuah antarmuka antara hardware dan aplikasi perangkat lunak, Jenis Sistem Operasi ada 3 yaitu SO Major Desktop, misalnya MS-DOS, Windows 95, Macintosh, UNIX, Java, SO Departmental Server (Dukungan ratusan pengguna secara bersamaan) misalnya UNIX, Linux, Windows 2000, Windows XP, Novell NetWare, dan Sistem Operasi Perusahaan (Dukungan ribuan pengguna bersamaan, jutaan transaksi per hari) misanya IBM OS/390, IBM ‘s VM (Virtual Machine), IBM’ s VSE (Virtual Storage Super), dan IBM OS/400 s

Ada 2 aplikasi perangkat lunak yaitu :

  • Proprietary adalah Aplikasi perangkat lunak melakukan fungsi bisnis yang spesifik atau unik bagi perusahaan.
  • Off-the-shelf adalah Penjual program yang dikembangkan dijual ke banyak organisasi, mungkin standar paket atau mungkin disesuaikan.

Bahasa pemrograman menyediakan sarana bagi manusia untuk memberikan petunjuk komputer, berbagai bahasa pemrograman memungkinkan orang untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan, Program ditulis dalam bahasa pemrograman (source code) yang ditawarkan secara gratis kedapa para pengembangnya. Berbagai bahasa pemrogramaan memungkinkan orang untuk  memberitahu komputer apa yang harus dikerjakan.

Bahasa pemrograman ada berbagai macam seperti

  • Bahasa Mesin (generasi pertama dari bahasa pemrogramaan)
-‘native language’ dari komputer
-Terdiri dari bilangan biner (0s, 1s)
-Bahasa satu satunya yang dipahami komputer
  • Bahasa Assembly (generasi kedua dari programming languages)
– Korespondensi satu satu dengan bahasa mesin
– lebih user-friendly dari pada bahasa mesin (mnemonic rather than binary digits)
– Assembler – program yang menterjemahkan bahasa assembly ke bahasa mesin
  • Bahasa prosedural (third generation languages
– Satu instruksi diterjemahkan kedalam banyak instruksi bahasa mesin
– Program mendeskripsikan proses dari komputer langkah per langkah
– mendekati natural language; menggunakan kata yang umum
– Contoh:  Cobol, C, Fortran, QuickBasic
– Compiler – menterjemahkan keseluruhan program sekaligus
– Interpreter – menterjemahkan dan mengeksekusi satu sumber program pada satu waktu
  • Bahasa Nonprocedural (fourth generation languages)
– Memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang di inginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil
– Contoh – data base query language – SQL
– Bisa digunakan untuk non technical users
  •  Natural Language Programming Languages (fifth generation (intelligent) languages)
– Menterjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin
– Are extremely complex and experimental

*Current Programming Languages

Visual Programming Languages
  • – menggunakan graphical environment
  • – Contoh : Visual Basic and Visual C++
  • – Populer untuk non technical users
Hypertext Markup Language (HTML)
  • –      Standar bahasa yg digunakan di World Wide Web
  • –      mengandung teks, gambar, dan berbagai jenis informasi seperti file data, audio, video, dan executable computer programs

Extensible Markup Language (XML)

  • –          Peningkatan pada fungsionalitas web document
  • –          Component-ware
  • –          Komponen dari Software yang bisa dirakit oleh pengembang saat dibutuhkan
  • –          “Plug and Play” software development

Virtual Reality Modeling Language (VRML)

  • –          Format file untuk mendeskripsikan objek dan dunia interaktif dalam tiga dimensi
  • –          Bisa digunakan pada World Wide Web

Object-Oriented Programming Languages (OOP)

  • –          berdasarkan objects – paket data dan instruksi mengenai apa yang harsu dilakukan oleh data tersebut bersama sama
  • –          Examples: Java, C++, C#
  • –          Unified Modeling Language (UML)- modeling tool untuk object-oriented systems

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php