Frieska Putrima story's

Electronic Commerce atau Bisnis Elektronik ~

Posted: November 18th 2012

Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet . 

*SEJARAHnya :
-Dimulai pada awal 1970-an (jauh sebelum Internet terbuka untuk penggunaan komersial)
-Terbatas untuk perusahaan besar awalnya
-Dana Elektronik Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

sedangkan SCOPEnya meliputi :
-pengiklanan
-rumah perbankan
-berbelanja di toko-toko elektronik dan mal
-membeli saham
-mencari pekerjaan
-melakukan lelang
-berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia
-menyediakan layanan pelanggan

Electronik Commerce juga dapat didefinisikan dari perspektif ini yaitu :
– komunikasi
– proses bisnis
– layanan
– online
– kolaborasi
– masyarakat

EC memiliki konsep dalam berbisnis yaitu : memunculkan bisnis atau metode perdagangan :

  1. Tradisional commerce :  semua dimensi yang fisik
    Bata-dan-mortir organisasi
    Lama-ekonomi organisasi (perusahaan)
    Lakukan semua bisnis off-line
    Menjual produk fisik dengan cara agen fisik
  2. Pure EC: semua dimensi adalah digital
    Murni secara online (maya) organisasi
    Menjual produk atau jasa hanya online, contohnya : AMAZON
  3. Partial EC: campuran dimensi digital dan fisik
    Klik-dan-mortir organisasi
    Melakukan kegiatan EC
    Apakah bisnis utama mereka di dunia fisik, contohnya : Gramedia Online

* EC vs E-business 

E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan , Bekerja sama dengan mitra bisnis Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi,  Murni vs Partial EC: didasarkan pada tingkat digitalisasi produk, proses, agen pengiriman.

atau dapat di ringkas dengan kata-kata sendiri adalah semua bisnis yang bertransaksi bisnis secara elektronik atau internet . Lingkupnya lebih besar dari E-commerce

*TYPE dari E-commerce

Business-to-business EC atau perusahaan – perusahaan (B2B)
Kolaborasi bisnis atau perdangana (c-commerce)
Business-to-consumer EC atau Bisnis – konsumen/perorangan (B2C)
Konsumen-ke-bisnis (C2B)
Konsumen-to-konsumen (C2C)
Intrabusiness (intraorganizational) perdagangan
Pemerintah-ke-masyarakat (G2C) dan lain-lain
Mobile commerce atau perdangan via handphone (m-commerce)

Sedangkan Electronic Marketplaces atau Pasar elektronik , terbagi atas 2jenis yaitu :

* Pasar memfasilitasi pertukaran:
informasi
barang
layanan
pembayaran

dan

* Pasar menciptakan nilai ekonomi bagi:
pembeli
penjual
pasar perantara
Masyarakat pada umumnya

* Kerangka dari EC aplikasi yaitu dengan didukung oleh infrastruktur dari 5 daerah dukung seperti :
orang-orang
kebijakan publik
Standar teknis dan protokol
mitra bisnis/partner bisnis
Dukungan layanan

* Persyaratan Electronic Commerce harus memiliki infrastructur .

Infrastruktur terdiri dari : hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi

* Pembayaran Elektronik Mekanisme
– Elektronik pemeriksaan
Nasabah membuka rekening dengan bank
pelanggan e-mail yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital
pedagang deposito cek di account nya, uang didebet di rekening pembeli dan dikreditkan ke rekening penjual

*Pembayaran Elektronik Mekanisme

Elektronik Kartu kredit
Tidak terenkripsi pembayaran – pembeli e-mail atau dia nomor kartu kredit itu kepada penjual-di Internet atau yang tidak disandikan
Pembayaran Encrypted – rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan atau yang sudah diacak

*Elektronik kas di PC

-Bank menyediakan software khusus untuk konsumen
-pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak
-bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital
-uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash
-Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual
-penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain

* Transfer Dana Elektronik (EFT)
Elektronik transfer uang ke dan dari lembaga keuangan menggunakan Telecomm. jaringan , Elektronik dompet dan pembelian kartu

Dalam setiap bank atau electronic commerce juga membutuhkan SECURITY atau keamanan untuk menjaga keamanan konsumen , yaitu :
-Enkripsi – suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi berwenang
-Single-kunci enkripsi
-Publik / swasta kunci enkripsi
-Kunci publik infrastruktur
-Sertifikat Elektronik
-Secure Socket Layer (SSL)-protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan
-Aman Protokol Transaksi Elektronik (SET) – protokol untuk mobil kredit pengolahan

 

TERIMA KASIH

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php