PutriDeda's Blog

Danau 3 warna pemilik Begonia kelimutuensis :)

Posted: November 1st 2016

Hallo halloo hallooooo,

Kali ini saya akan membahas tentang spesies endemik. Apa itu spesies endemik? Spesies endemik berarti spesies yang jenisnya hanya ada di satu tempat dan tidak ada ditempat lain. Spesies yang saya pilih adalah tanaman endemik yang berasal dari danau tiga warna, Ende, Flores, tepatnya di Taman Nasional Kelimutu.

gunung-dan-danau-kelimutu

Gambar 1. Taman Nasional Kelimutu

Jenis spesies yang saya pilih yaitu uta onga dalam bahasa lokal atau nama ilmiahnya Begonia kelimutuensis. Selain uta onga, masih ada spesies endemik lainnya seperti turuwara (Rhododendron renschianum), dan arngoni (Vaccinium varingiaefolium), tetapi saya hanya akan membahas uta onga saja.

So, utuk mengetahui lebih lanjut, yukk baca blognyaa 🙂

Begonia Kelimutuensis (Uta Onga) 

Begonia kelimutuensis atau dalam bahasa lokal biasa disebut uta onga yang merupakan tanaman endemik yang ada di pulau Taman Nasional Kelimutu, Ende, Flores, NTT. Menurut Kepala Balai Taman Nasional (BTN) Kelimutu, tanaman ini tidak ditemukan ditempat lain di dunia dan baru di temukan pada tanggal 17 Juli – 5 Agustus 2007 (Kompas, 2008). Begonia kelimutuensis merupakan jenis/spesies baru, termasuk seksi Petermania, pertumbuhannya berupa perdu tegak berukuran tinggi 1 m, bunga betina mempunyai 2 kelopak dan satu daun mahkota yang mudah luruh, perawakannya sangat menarik karena daunnya berwarna hijau gelap kehitaman dan licin, berpotensi untuk dikembangkan sebagai tanaman hias (Wiriadinata dan Wawo, 2008). Begonia kelimutuensis selain sebagai tanaman hias, dapat juga digunakan sebagai bumbu dapur atau lalapan yang dimakan bersama ubi yang dikeringkan oleh masyarakat sekitar yang tinggal di daerah dekat gunung Kelimutu (Yulia, 2009).

Morfologi dari Begonia kelimutuensis yaitu mempunyai karakter batang tegak, sukulen, bentuk  daun bulat telur, asimetris, dan warna daun hijau mengkilat (Siregar dan Siregar, 2011).

begoniaaaa

Gambar 2. Begonia kelimutuensis yang berada di Taman Nasional Kelimutu

Klasifiksi Begonia kelimutuensis

Kingdom: Plantae

Divisi: Tracheophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Curcubitales

Famili Begoniaeceae

Spesies: Begonia kelimutuensis.

Begonia kelimutuensis terletak di sekitar Gunung Kelimutu (di dalam arboretum Taman Nasional Kelimutu). Topografi gunung Kelimutu dengan lereng-lereng terjal dan lembah yang cukup dalam dan kondisi tanahnya labil dan mudah longsor. Kelimutu memiliki iklim tropis yang relatif stabil dengan curah hujan berkisar antara 1.651 sampai dengan 3.363 mm per tahun dimana musim hujan jatuh pada bulan Desember sampai dengan Maret dan bulan-bulan terkering terjadi pada bulan Oktober sampai dengan November. Suhu udara berkisar antara 25,5° – 31° C dengan suhu minimum mencapai 11,6° C yang terjadi pada bulan Juli – Agustus. Begonia kelimutuensis mempunyai kecenderungan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang suhunya dingim ataupun panas. Persebaran Begonia kelimutuensis yaitu berada di daerah sekitar gunung kelimutu dan di daerah Ndona Timur (Kab. Ende) (Balai Taman Nasional Kelimutu, 2009) dengan ketinggian 1.690 m dpl (Siregar dan Siregar, 2011).

persebarannnn

Gambar 3. Persebaran Begonia kelimutuensis

Status Begonia kelimutuensis menurut Balai Taman Nasional Kelimutu (2009),

statttuuusss

Gambar 4. Status Begonia kelimutuensis

Walaupun Begonia kelimutuensis belum terdaftar di IUCN, tanaman ini pernah dicuri oleh masyarakat ataupun pengunjung yang datang.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Balai Taman Nasioal. 2009. Statistik Balai Taman Nasional Kelimutu. Departemen Kehutanan Direktorat Jenderal PHKA.

Kompas. 2008. Begonia Kelimutuensis, Spesies Tumbuhan Baru dari Kelimutu. http://entertainment.kompas.com/read/2008/06/21/18100654/Begonia.Kelimutuensis.Spesies.Tumbuhan.Baru.dari.Kelimutu. Diakses pada 31 Oktober 2016.

Siregar, H. M., dan Siregar, M. 2011. Adaptasi Dan Seleksi 50 Jenis Begonia  Dataran Tinggi. Prosiding Seminar Nasional, UPT Balai Konservasi Tumbuhan, LIPI. 144 – 149.

Wiriadinata, H., dan Wawo, A. H. 2008. Flora Gunung Kelimutu Dan Gunung Kelibara Taman Nasional Kelimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Berita Biologi, Jurnal Ilmiah Nasional, 9(2): 185 – 194.

Yulia, A. K. 2009. Pesona Lain Kelimutu. http://www.biologi.lipi.go.id/bio_indonesia/mTemplate.php?h=3&id_berita=57. Diakses pada tanggal 01 November 2016.


14 responses to “Danau 3 warna pemilik Begonia kelimutuensis :)”

  1. desikeon95 says:

    Artikel yang bermanfaat,,,,mungkin bisa ditambahkan pengaruh danau kelimutu terhadap spesies tersebut

    • putrideda12 says:

      kalo pengaruh mungkin dari referensi yang sy acu blm dapat..
      menurut saya mungkin tidak ada pengaruhnya karena letak danau kelimutu dan arboretum tanaman Begonia kelimutuensis lumayan jauh..

      tapi, terima kasih yaa sdh berkinjung ke blog saya..

  2. krisdianti says:

    woww tulisan yang sangat menarik terutama bagi saya yang sangat ingin mengunjungi danau 3 warna. Bolehlah kapan2 saudari penulis menemani saya mengunjungi danau 3 warna dan melihat secara langsung flora endemik nya.

  3. retnokenraras says:

    wahh aku baru tau ni kalo di danau 3 warna ada Begonia Kelimutuensis (Uta Onga) . nah aku mau kasi saran aja sih, bisa ditambahain soal keunikan dari tumbuhan ini tu apa, juga kan dia belum kedaftar iucn apa dia termasuk dilindungi di Indonesia?

    • putrideda12 says:

      terima kasih yaa sudah berkunjung ke blog saya.. terima kasih juga sarannya ..
      kalo keunikan dari Begonia kelimutuensis sendiri itu karena bentuknya yang tidak asimetris..
      kalo statusnay Begonia kelimutuensis dari IUCN itu belum terdaftar, jadi agak susah carinya..

  4. Intan says:

    Wahh makasih yah buat artikelnya, bermanfaat dan menambah wawasan. Saya pernah berkunjung ke kelimutu dan melihat tanaman ini tapi tidak tau namanya dan ternyata bisa dimakan, semoga tanaman ini dan tanaman endemik lainnya lebih di jaga lagi oleh masyarakat lokal dan pemerintah setempat

  5. yunita1521 says:

    waaah kereeenn..
    tapi masih penasaran nih penemunya kira-kira sp yaa ?
    arg di daerah sekitar apa gimana ?
    danke 🙂

    • putrideda12 says:

      terima kasih sudah berkunjung..
      penemunya it tim lipi tahun 2007 yang datang ke danau kelimutu untuk meneliti.. ditemuknnya itu di arboretum danau kelimutu

  6. Irajumira says:

    wah.. begonia jenis lain ya…. terimakasih buat infonya, jadi nambah ilmu nih.
    oh iyah, aku mau nanya dong, kan di daerah lain ada jenis begonia juga, lah.. bedanya sama begonia yang endemik di danau kalimutu apa ya ?? apakah ada perbedaan yang spesifik ? terima kasih

    • putrideda12 says:

      thankyou mbak irah 🙂
      kalo bedanya dengan begonia lain secara spesisifik itu beleum ketemu, dari jurnal yang saya acu kuga rata2 cuma menjelaskan kalo begonia kelimutuensis ini hanya endemik danau kelimutu dan ciri2nya..
      terus ciri2 begonia kelimutuensi sama begonia pada umumnya itu hampir sama, yang paling kelihatan itu daun begonia yang tidak asimetris.. itu dari jurnal yg sy acu..

  7. victoriaintan08 says:

    Artikel yang bermanfaat, menambah wawasan. Mau tanya dong, ada gak yah pengaruh tanaman ini terhadap lingkungan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php