#myfirstblog

Diskon belanja besar-besaran 12 12 sebentar lagi

Posted: December 10th 2018

Diskon belanja besar-besaran sebentar lagi.

Entah kamu nerd ataupun ibu rumah tangga, kesempatan diskon ini bisa dimanfaatkan jika memang ada barang kebutuhan yang kamu butuh kan didalam waktu dekat.

Misalnya perlengkapan natal buat yang merayakan. Atau mungkin sekedar perlengkapan main buat liburan.

Namun perlu di perhatikan agar tidak kebablasan saaat belanja.

Aku sendiri cara paling mudah untuk menghindari hal ini adalah dengan menulis list belanja yang bener2 dibutuhkan di kertas. Jadi bisa fokus kesana saat ada diskonnya.

Aku masih ingat banget saat ada diskon di beberapa situs marketplace gede seperti ini, diskon bisa sampe 90%, tapi dalam kenyataannya diskon ini ga bener dan udah di mark-up.

Kalau kamu jeli, kamu bakalan liat bahwa diskon dengan mark-up ini keliatan banget. Aku sendiri tandai marketplace yang diskonnya nipu2, dan kedepannya ga akan belanja disana lagi. Sejauh ini aku udah tandai 1 onlineshop gede (yang sampe iklan di tv), karena mark-up harga.

Aku sebagai konsumen, ga masalah liat diskon 5%, tapi harga beneran lebih murah dari harga pasaran, dari pada diskon 50% dari harga 2xlipat harga pasar dan hasil akhir, harganya sama dengan harga pasaran.

Kalau jaman dulu, mungkin taktik mark-up harga masih bisa dilakukan. Karena user/pembeli ga punya akses ke harga rata-rata pasar. Tapi sekarang, main mark-up begini sama aja dengan bunuh diri. Kita sebagai konsumen bisa cek harga mulai dari harga dalam negeri, bahkan harga bulk order dari china di alibaba.

Kalau kamu suka belanja online, kadang miris liat perbedaan harga barang yang sama di tiap toko online.

Ohya, ada yang lebih lucu lagi. ingat post ku sebelumnya disini : https://blogs.uajy.ac.id/putri/2018/10/29/beli-mouse-baru dan disini https://blogs.uajy.ac.id/putri/2018/11/03/mouse-baru-sampai-di-kost-an/, saat itu aku beli mouse baru dan sebelumnya aku riset harga mouse.

Aku nemu harga mouse di shopee, mouse votre dari harga 2750-8000. Ya, mouse votre paling murah harganya dibawah 3000 rupiah. Ini star seller dengan volume penjualan ratusan perbulannya. Aku juga liat di alibaba bulk ordernya permouse dihargai 0.3-0.5 dollar.

Sementara ga lama sesudah aku beli mouse, mama cerita kalau tante beli mouse votre offline di toko di daerah tante tinggal, mouse votre paling murah ditoko itu harganya 50ribu, harga mouse yang dibeli tante itu 90ribu untuk mouse votre yang katanya lebih bagus. Aku cek harga mouse votre tipe ini, harganya cuma 10ribuan di toko online, memang 1 level lebih bagus dari votre paling murah tadi.

Ini yang terjadi kalau pembeli ga tau cara cek harga barang online, karena memang tante dan mama tipe-tipe yang bener2 ga bisa internet.

Tapi buat pembeli yang tau belanja online, dan tau cek harga barang, kalau nemu harga mouse votre paling murah dijual 50ribu, ga akan ada yang nyentuh itu. Itu kenapa kalau buat toko online, memang sebaiknya jangan mark-up harga.

Walaupun nanti dia jual mouse votrenya 5000 rupiah dengan keterangan diskon 90% (dari harga 50k), tapi ini kalau di aku ya, bakal nurunin nilai online shop tsbt, ini artinya, diskon nya ga bisa dipercaya. Jadi kalaupun ada diskon besar2an nantinya, aku ga akan terlalu care.

Disini pentingnya reputasi dan trust factor menurutku. Kalau yang jualan beneran diskon, artinya diskon 5% memang lebih murah dari harga pasaran disekitar 5%, ini menurutku bakal jauh lebih baik dari pada diskon hasil mark-up. Dan kedepannya diskon mereka bisa lebih mudah dipercaya. Dan pas liat mereka kasih diskon 20%, efeknya bisa lebih wah dari pada yang kasih diskon 90% tiap bulan tapi diskonnya abal2.

 


Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php