Putra Firdaus

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Posted: January 21st 2019
Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix
Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix – Printer ini terutama dibutuhkan oleh bidang usaha yang membutuhkan pencetakan rangkap, tidak hanya bukti transaksi, tetapi juga laporan-laporan yang harus dicetak rangkap. Dari pada mencetaknya berulang-ulang yang mengakibatkan biaya operasional printer tinggi dan waktu menjadi terbuang percuma, maka kita dapat menggunakan printer dot-matrix dengan kertas rangkap.

Sistem cetak yang dimiliki oleh printer dot matrix ialah sistem ketukan jadi hasilnya bisa langsung di rangkap. Berhubung printer dot matrix alat cetaknya menggunakan pita, jadi warna yang di miliki printer ini tidak bisa banyak melainkan hanya mempunyai tiga warna saja yaitu hitam, merah dan juga biru.

Penggunaan printer yang satu ini biasanya di tujukan untuk mereka yang bergelut di perkantoran, atau instansi tertentu yang memang hanya menggunakan printer jenis ini untuk pencetakan dokumen saja. Namun yang menjadi salah satu kelebihan yang tak dapat di temukan pada printer jenis lain ialah dapat mencetak beberapa dokumen sekaligus dengan menyelipkan sebuah kertas karbon pada tiap lembaran dokumennya. Sehingga hasil yang di dapat untuk sekali ketuk, dapat tercetak juga pada lembaran lainnya, untuk menyelesaikan dokumen lebih cepat.

Pengertian Printer Dot Matrix

Printer yang satu ini, umumnya merupakan printer yang hanya memiliki satu warna saja. Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat pencetaknya, nah dikarenakan menggunakan pita untuk mencetaknya maka menghasilkan cetakan yang kurang memuaskan dikarenakan Printer Dot Matrix menghasilkan ke output agak kasar dan pastinya kurang bagus. Penggunaan printer yang satu ini pun rasanya kurang baik bila di gunakan untuk pencetakan foto.

Hal ini di sebabkan printer dot matrix akan mengetuk pita tinta dengan head printer langsung, sehingga untuk resolusi yang di dapat masih di bawah printer ink-inject, sehingga bila di gunakan untuk pencetakan foto hasilnya akan terlihat dot yang sambung menyambung. Asal anda tahu dengan menggunakan printer ini cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Printer ini mempunyai sistem pencetakannya yang masih menggunakan sistem ketukan. dengan menggunakan pita sebagai sumber warnanya maka printer ini hanya menghasilkan beberapa warna yakni warna hitam, merah, dan biru saja.

Untuk printer yang satu ini jika menghubungkan ke komputer CPU masih menggunakan Port Paralel, namun meskipun begitu seiring semakin canggihnya teknologi yang ada di dunia printer jenis ini masih banyak peminatnya, maka dari itu juga masih banyak yang memproduksi printer jenis ini. Mengapa seperti itu?

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Printer berjenis dot-matrix memang memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri dalam penggunaannya, biasanya printer jenis ini di gunakan untuk mencetak dalam kertas berukuran besar dan dokumen rangkap sehingga dapat dengan mudah menyelesaikan dalam waktu yang lebih singkat. Namun tentunya printer yang satu ini juga tidak mampu untuk mencetak dokumen gambar, mengingat resolusi yang dimiliki terbilang rendah di banding inkjet dan laserjet.

Kelemahan dari printer jenis ini ialah, resolusi cetakannya sangat rendah. Sehingga printer berjenis ini tidak mampu mencetak gambar dengan baik, dan hanya cocok untuk pencetakan dokumen saja. Yang kedua ialah printer jenis ini biasanya memiliki suara yang sangat keras ketika melakukan pencetakan dokumen, sehingga bagi anda yang menggunakannya di rumah atau kawasan padat penduduk tentunya akan mengganggu. Yang ketiga ialah, Dpi dan ppmnya masih rendah. Sehingga penggunaan printer ini memerlukan waktu yang relatif lebih lama bila dibandingkan dengan printer lainnya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix dan sistem kerjanya, dengan demikian anda akan lebih memahami dan lebih mengetahui printer mana yang sekiranya cocok untuk anda gunakan bila di hadapan anda terdapat pilihan printer berjenis dot-matrix, inkjet, dan laserjet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php