Putra Firdaus

Inilah Kekurangan Printer LaserJet Yang Harus Anda Ketahui

Posted: April 14th 2019
HP Color LaserJet Pro MFP M281fdw Wireless Multifunction printer

Inilah Kekurangan Printer LaserJet Yang Harus Anda Ketahui – Semakin mahal harga printer tentunya semakin canggih teknologi yang dimiliki oleh printer tersebut. Saat ini sudah ribuan tipe printer beredar di Indonesia, untuk perkantoran dan bisnis rumahan terdapat dua jenis printer yang paling banyak digunakan, yaitu Printer Laserjet dan Printer Inkjet. Yang namanya kerjaan kantor tentu tidak bisa lepas dari yang namanya cetak mencetak lewat printer. Tentunya mereka yang menginginkan hasil cetak yang baik akan mencari printer dengan kualitas yang super.

Saat ini, printer sangat sering digunakan terutama di kantoran, sekolahan, dan tempat-tempat bisinis lainnya. Namun diantara jenis printer yang ada pasti masing-masing dari jenis printer tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara umum cara kerja printer inkjet yaitu meneteskan tinta cair ke kertas, sedangkan printer laserjet memancarkan sinar laser ke photoreceptor kemudian serbuk toner ditempelkan ke kertas dengan dipanaskan.

Tentang Printer LaserJet

Sebagaimana kita ketahui bahwa kelebihan printer laser yang paling unggul adalah dalam hal kualitas cetaknya yang sangat tinggi. Printer laserjet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Dapat Anda bandingkan hasil cetakan printer laser dengan printer inkjet atau jenis lain, hasil print pada printer laser jauh lebih halus dan bagus. Printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

Printer laserjet adalah salah satu printer yang banyak digunakan di instansi perkantoran dan juga sekolahan. Printer Laser adalah pencetak untuk komputer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas. Kemudian printer menyorotkan sinar laser yang sangat kecil melewati permukaan photoreceptor drum untuk membentuk image tulisan atau gambar sesuai dengan data yang dikirim oleh komputer, berupa satu garis horizontal pada satu waktu.

Dokumen yang diprint menggunakan printer laser jauh lebih awet dari pada dokumen yang dicetak menggunakan printer inkjet atau printer jenis lain, karena cetakan printer laser tahan terhadap air dan kelembaban yang tinggi, sehingga hasil printnya tidak mudah pudar dan luntur. Sinar laser menyorotkan cahaya pada Photoreceptor Drum untuk membentuk titik dan mematikan cahaya untuk tempat kosong per halaman. Sinar laser tidak bergerak dengan sendirinya namun sinar laser itu dipantulkan melalui cermin yang bisa bergerak sendiri.

Kekurangan Printer LaserJet Yang Sering Ditemukan

Printer laserjet juga memiliki beberapa kelemahan antara ini adalah konsumsi daya listriknya yang tinggi atau wattnya lebih tinggi dari printer jenis inkjet atau jenis lainnya dan harga printer laser yang jauh lebih mahal dibanding printer jenis inkjet lainnya. Output printer tinta padat bisa membuat paper jam mesin fotokopi atau scanner dengan auto feeder dan kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur. Printer laserjet adalah salah satu jenis printer yang menggunakan media tulisnya memakai serbuk yang sering dikenal dengan istilah toner.

Selain itu jika digunakan untuk mencetak foto berwarna, maka hasil yang didapatkan tidak bagus atau bahkan cenderung buruk. Selain itu apabila dipaksakan untuk mencetak gambar berwarna, biasanya kualitas warna akan berbeda antara gambar asli dengan hasil cetakannya. Pada beberapa kasus, gambar akan sedikit menjadi kabur karena printer ini menggunakan media yang padat sebagai alat tulisnya, maka pada beberapa kasus juga bisa menimbulkan paperjam layaknya mesin fotocopy.

Dari segi harga printer dan biaya cetak, untuk saat ini printer inkjet lebih murah daripada printer laserjet. Tapi untuk penggunaan jangka panjang, printer laserjet lebih baik. Tidak semua orang bisa memilih printer apa yang sesuai kebutuhan. Biasanya, para pebisnis baru lebih cenderung mengikuti tern apa yang sedang ramai di pasaran. Jadi pada intinya, jika sobat ingin menggunakan printer untuk mencetak lebih banyak foto, printer inkjet lebih cocok untuk sobat. Namun jika sobat ingin menggunakan printer untuk mencetak dokumen teks dengan volume yang banyak, gunakan printer laserjet. Jika anda memerlukan driver Epson L365 Driver For Mac maka anda bisa mendapatkannnya disini secara gratis.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php